TV Analog Dimatikan 1 Cara Untuk Nonton TV Digital!

TV Analog Dimatikan? 1 Cara Untuk Nonton TV Digital!

TV Analog Dimatikan 1 Cara Untuk Nonton TV Digital!

Seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jakarta, beralih ke televisi digital setelah penutupan televisi analog. Untuk masyarakat umum, Anda dapat memeriksa apakah TV Anda digital atau masih analog.

Karena jika Anda tidak mempersiapkannya, Anda tidak akan bisa menonton siarannya. Hanya ada dua cara untuk menikmati siaran digital, yaitu televisi analog dengan bantuan Set Top Box (STB) atau televisi yang sudah mendukung televisi digital karena sudah memiliki teknologi Digital Video Broadcasting – second generation terrestrial (DVB) – T2 ).

Khusus varian kedua, berdasarkan data yang diperbarui pada 4 Juni 2022, sebanyak 850 jenis atau model televisi mendapatkan sertifikasi Kominfo. Daftar TV digital bersertifikat dari berbagai merk beserta model dan tipe seperti Samsung, LG, Panasonic, Mito, LG, Realme, Polytron, Cooccaa, Changhong, Sanken, Sharp, Aqua, Akari, Philips, Toshiba, Sony, Hisense, hingga Realme tidak masuk dalam daftar TV digital bersertifikat Kominfo.

Menonton siaran TV digital tanpa memerlukan dekoder langsung dari TV digital, bukan TV analog. Karena kalau dari TV analog harus pakai dekoder.

Cara mengetahui apakah TV Anda dapat menerima siaran TV digital:

1. Kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/
2. Klik menu Digital TV Set di bagian atas layer
3. Ada tiga kategori yang bisa dipilih, yaitu nama perangkat, merek, dan model/tipe
4. Pilih kategori Televisi di bawah Perangkat dan masukkan merek dan model TV yang Anda miliki
5. Nama model TV dapat digunakan saat memasukkan TV digital.
6. TV digital ini sudah mendukung DVB-T2. Oleh karena itu, tidak perlu lagi menggunakan alat dekoder lain untuk mendapatkan sinyal digital.

Baca Juga :   Antivirus Untuk Pertahanan

Kominfo menyatakan bahwa dekoder dan TV digital harus memenuhi persyaratan terkait, seperti Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 28 Juni 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi Untuk Televisi dan Radio Penyiaran. Siaran.

Setiap penerima televisi digital dan dekoder DVB-T2 yang dijual, diproduksi, dirakit, diimpor dan/atau digunakan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus memenuhi persyaratan teknis dan harus berdasarkan otorisasi berdasarkan peraturan perundang-undangan lainnya,” kata Kominfo.

Dimatikan Menyeluruh Dengan ASO.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan untuk menghentikan siaran televisi analog dan beralih ke siaran televisi digital tidak dalam tiga episode lagi, tetapi di beberapa ASO. Apa itu Multiple ASO?

Proses migrasi televisi analog ke digital telah berlangsung sejak 30 April yang merupakan bagian dari implementasi ASO tahap 1. Namun didalam pelaksanaannya, dari 56 wilayah penyiaran di 166 kabupaten/kota, hanya empat wilayah penyiaran yang terbentuk di delapan kabupaten/kota.

Kini sebelum pelaksanaan fase ASO pada 25 Agustus, Kominfo telah mengubah metode penghentian siaran TV analog melalui beberapa ASO. Multiple ASO adalah aplikasi untuk menghentikan siaran televisi analog, yang akan berlanjut hingga batas waktu migrasi siaran 2 November 2022. “Untuk digitalisasi televisi kita di Indonesia, sudah diputuskan akan dilakukan dalam beberapa episode atau beberapa episode, beberapa ASO,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

“ASO lebih lanjut segera dilakukan sesuai kesiapan daerah. Secara teknis analog akan on dan off tergantung dengan masalah teknis. Akan dinyatakan full ASO pada tanggal tertentu,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.