Multiple ASO, Cara untuk Suntik Mati TV Analog ke TV Digital!

Multiple ASO, Cara untuk Suntik Mati TV Analog ke TV Digital!

Multiple ASO, Cara untuk Suntik Mati TV Analog ke TV Digital!

Multiple ASO, Cara untuk Suntik Mati TV Analog ke TV Digital!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan untuk menghentikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) yang kemudian dialihkan ke TV digital, bukan untuk tiga episode berikutnya, melainkan untuk beberapa ASO. Apa itu Multiple ASO?

Proses migrasi TV analog ke digital sudah dimulai sejak 30 April 2022, yang merupakan bagian dari implementasi ASO Tahap 1. Namun dalam pelaksanaannya, dari 56 wilayah penyiaran di 166 kabupaten/kota, hanya empat wilayah penyiaran yang terbentuk di delapan kabupaten/kota.

Kini sebelum implementasi ASO fase 2 pada 25 Agustus 2022, Kominfo telah mengubah cara penghentian transmisi TV analog melalui ASO yang berbeda. “Untuk digitalisasi pertelevisian kita di Indonesia, sudah diputuskan akan dilakukan multiple episode atau multiple episode, multiple ASOs,” kata Menkominfo di Jakarta, Jumat (19 Agustus).

“ASO lebih lanjut akan dilakukan sesuai kesiapan daerah. Secara teknis analog akan on dan off tergantung masalah teknis. Akan dinyatakan full ASO dalam sehari pada tanggal tertentu,” lanjutnya.

Jadi apa itu multiple ASO? Multiple ASO adalah aplikasi untuk menghentikan siaran televisi analog, yang akan berlanjut hingga batas waktu migrasi siaran 2 November 2022.

Jika siaran TV digital dilakukan di satu wilayah, kini akan menyangkut tiga isu utama. Pertama, siaran televisi analog akan dihentikan di daerah tersebut. Kedua, siaran televisi digital berperan sebagai pengganti siaran televisi analog. Ketiga, dekoder TV digital gratis dibagikan kepada rumah tangga miskin di wilayah tersebut. Dukungan set-top box gratis diambil dari provider multiplexing (mux) yang jumlahnya mencapai 5,7 juta unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara itu, Kominfo juga membantu menyalurkan satu juta unit STB secara gratis kepada rumah tangga miskin.

Baca Juga :   Tips Foto Dengan Kamera Digital

Sedangkan bagi yang mampu, disarankan untuk membeli perangkat STB yang kini tersedia secara online dan offline dengan kisaran harga Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung keunggulan fitur masing-masing perangkat.

Aplikasi Analog Switch Off (ASO) ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penciptaan Lapangan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, serta Penyiaran (Postelsiar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.