Kiamat Bagi TV Analog 2022, Masyarakat Harus Merpersiapkan Diri!

Kiamat Bagi TV Analog 2022, Masyarakat Harus Merpersiapkan Diri!

Kiamat Bagi TV Analog 2022, Masyarakat Harus Merpersiapkan Diri!

Kiamat Bagi TV Analog 2022, Masyarakat Harus Merpersiapkan Diri!

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan perubahan pada aplikasi televisi analog suntik mati yang awalnya dibuat tiga tahap, kini sudah banyak analog shutdowns (ASO). Apa itu dan mengapa itu berubah?

Awalnya, transisi dari televisi analog ke digital berlangsung dalam tiga fase, dimulai dengan ASO fase 1 pada 30 April, ASO fase 2 pada 25 Agustus dan ASO fase 3 pada 2 November 2022.

Namun di tengah jalan, pemerintah sendiri mengubah suntikan mematikan televisi analog melalui berbagai ASO. Mengapa? “Banyak ASO yang akan digelar sesuai kesiapan daerah. Secara teknis, analog akan on dan off tergantung masalah teknis. Sampai suatu saat nanti diumumkan full ASO,” kata juru bicara tersebut. Menteri Komunikasi dan Informatika bertemu di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Dengan berubahnya pelaksanaan penghentian siaran TV analog ke TV digital, ketika siaran analog dimatikan di seluruh Indonesia, sekarang tergantung pada kemauan daerah untuk beralih ke siaran TV digital dari segi infrastruktur, lembaga penyiaran. dan perangkat yang mendukung masyarakat untuk menikmati siaran digital.

Menkominfo menjelaskan, perubahan pelaksanaan akhir siaran televisi analog di Indonesia karena belajar dari pengalaman dan pengamatan negara-negara lain yang sebelumnya telah menerapkan ASO. “Kita belajar dari pengalaman banyak negara, kita harus realistis tentang kesiapan rumah. Pertama kita harus membangun infrastruktur mux yang semula direncanakan untuk diperbaiki, karena infrastruktur mux harus disesuaikan, jadi ASO Jadwalnya akan disesuaikan,” katanya.

Hal kedua kemudian menyangkut distribusi dekoder gratis yang belum merata, sehingga televisi analog banyak diterapkan pada ASO agar masyarakat dapat menikmati televisi digital di kemudian hari.

Meski ada perubahan dalam penerapan ASO, Menkominfo telah memastikan bahwa batas waktu berakhirnya siaran televisi analog secara umum adalah pada 2 November 2022.

Baca Juga :   TV Analog Dimatikan? 1 Cara Untuk Nonton TV Digital!

“Karena dalam undang-undang itu hanya ada satu penyebutan, yaitu tenggat waktu. Ini juga banyak negara yang belajar (Indonesia), Amerika Serikat sudah melakukannya, Jepang, negara-negara Asia Tenggara juga banyak ASO, kecuali Singapura, karena ukuran kita tidak sama di Singapura,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.