7 Acara Mengatasi Login Bermasalah Di Gmail!

7 Acara Mengatasi Login Bermasalah Di Gmail!

7 Acara Mengatasi Login Bermasalah Di Gmail!

Kesulitan login Gmail memang sangat menyebalkan karena bisa mengganggu pekerjaan atau kegiatan belajar mengajar. Apalagi sejak era ponsel Android memiliki akun Gmail menjadi satu keharusan.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan login Gmail bermasalah. Bisa jadi dikarenakan masalah di browser, password yang tidak sesuai, atau karena akun Gmail kalian diretas. Untungnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi login Gmail bermasalah, berikut ini tujuh di antaranya seperti dirangkum dari Insider, Sabtu (20/8/2022).

1. Tutup dan buka kembali Gmail

Jika Anda ingin masuk ke Gmail dari aplikasi Android atau iOS tetapi mengalami masalah, langkah pertama termudah yang dapat Anda lakukan adalah menutup dan membuka kembali aplikasi tersebut. Jika Anda membukanya di browser, coba tutup, buka kembali, dan buka Gmail.

2. Pastikan koneksi internet kamu stabil

Solusi ini tampaknya sederhana, tetapi sangat penting. Pastikan jaringan internet mobile atau Wi-Fi kalian benar-benar stabil saat mencoba login ke Gmail. Karena biasanya bisa jadi koneksi Wi-Fi terlihat kencang dan penuh tapi ternyata statusnya ‘No connection’.

3. Ganti Browser

Jika kalian kesulitan login Gmail pada browser, baik di desktop atau ponsel, coba gunakan browser lain. Misalnya kalian tidak bisa login Gmail di Google Chrome, coba beralih ke browser lain seperti Microsoft Edge, Mozilla Firefox, atau Opera untuk membuka Gmail. 4. Periksa apakah Gmail tidak tersedia
Salah satu kemungkinannya adalah Gmail tidak tersedia karena layanan Google tidak tersedia. Ini telah terjadi di masa lalu ketika layanan Google mogok, membuat layanan seperti Penelusuran dan Gmail tidak tersedia.

Baca Juga :   Hentikan Spam 100% dalam 7 menit!

Sebelum panik, coba cek dulu apakah Gmail offline jika tidak bisa login. Pengecekannya mudah, cukup kunjungi halaman Google Workspace Status Dashboard pada link berikut atau melalui halaman DownDetector.

5. Reset akun Gmail

Login Gmail kemungkinan bermasalah karena kalian salah memasukkan alamat atau password-nya, entah karena lupa atau alasan lainnya. Cara mengatasi isu ini adalah dengan reset akun Gmail.

Caranya mudah saja, pertama masuk ke halaman Google Account Recovery dengan klik link berikut ini lalu masukkan alamat email Gmail yang tidak bisa login.

Kalau lupa alamat emailnya, kalian dapat klik ‘Forget email’. Masukkan nomor telepon yang terkait dengan alamat email atau masukkan alamat email alternatif.

Masukkan nama depan dan belakang Anda di bidang yang disediakan, lalu klik Kirim untuk menerima kode verifikasi ke alamat email alternatif. Masukkan kode verifikasi yang diterima dan klik Next.

Jika Anda lupa kata sandi, Anda dapat mengatur ulang kata sandi Akun Google Anda dengan mengklik Lupa kata sandi. Setelah itu, Google akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi baru yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke akun Gmail Anda.

6. Bersihkan cache

Cache browser bisa menjadi salah satu penyebab masalah login Gmail. Untuk mengatasinya, Anda dapat menghapus cache dan cookie di browser atau aplikasi Gmail.

Menghapus cache dan cookie Google Chrome itu mudah, yaitu, buka menu dengan tiga titik di sudut kanan atas> Pengaturan> Privasi dan keamanan> Hapus data penjelajahan> klik ‘gambar dan file yang di-cache> klik Hapus data.

Untuk Gmail di Android, saat Anda membuka Pengaturan > Aplikasi & Pemberitahuan > temukan Gmail di daftar aplikasi > Penyimpanan > Cache > Hapus Cache.

Baca Juga :   Norton Anti-Virus

7. Matikan extension

Jika masalah pada Gmail hanya muncul di web browser tertentu, ada kemungkinan isu itu disebabkan oleh extension atau plug-in yang bertentangan dengan Gmail.

Cara mengatasinya adalah dengan mematikan semua extension di browser. Untuk Google Chrome caranya buka menu titik tiga di sudut kanan atas > Settings > klik menu hamburger dan pilih Extensions >Matikan semua extensions dengan klik toggle berwarna biru sampai berubah menjadi abu-abu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.