Pangkat polisi

Penting ! Posisi Pangkat Polisi 2022

Posisi Pangkat Polisi

Pada 2001, terjadi restrukturisasi besar Polri untuk mengatur kembali operasional dan pembagian kerja. Mengakibatkan, banyak nama pangkat polisi yang awalannya sama dengan pangkat TNI yang diganti dengan panggilan berlainan. Baca artikel ini untuk ketahui posisi pangkat polisi Indonesia.

Pada dasarnya, posisi pangkat polisi dipisah jadi 5 tingkat: perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara, dan tamtama. Baru ke-5 tingkat ini dibagi kembali jadi beberapa pangkat, hingga keseluruhannya jadi 22 pangkat. Berikut posisi pangkat polisi dari yang paling tinggi sampai paling rendah.

Urutan Pangkat Polisi

Tingkat I: Perwira Tinggi

1. Jenderal Polisi

Upah: Rp5,dua juta – Rp5,sembilan juta

Jenderal Polisi sebagai tingkat ke-4 (dalam masalah ini tujuannya ialah yang paling tinggi ke-4 tingkat) untuk perwira tinggi di Polri. Pangkat ini sebagai pangkat paling tinggi dan dipakai oleh seseorang saja yakni Kapolri (Kepala Kepolisian Negara). Simbol Jenderal Polisi ialah 4 bintang emas.

2. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)

Upah: Rp5 juta – Rp5,sembilan juta

Dulu, pangkat paling tinggi ke-2 ini disebutkan Letnan Jenderal Polisi, sama dengan pangkat ke-2 paling tinggi dalam TNI yakni Letjen. Tetapi semenjak 2001, titelnya diganti jadi Komjen Pol. Simbol pangkat ini ialah 3 bintang emas.

Saat ini, jumlah Komjen Pol telah dibanyakin. Beberapa peranan yang digenggam masing-masing Komjen Pol diantaranya Wakil Kepala Kepolisian negara, Inspektur Pemantauan Umum, Kepala Tubuh Pemelihara Keamanan (Baharkam), Kepala Tubuh Reserse Kriminil (Bareskrim), dan Sekretaris Khusus Tubuh Intelijen Negara (BIN).

3. Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)

Upah: Rp3,dua juta – Rp5,lima juta

Dalam Mabes Polri, pangkat Brigjen Pol dipakai oleh perwira tinggi yang pimpin satu korps. Pada tingkat wilayah, Brigjen Pol mengetuai Polda type A atau satu tingkat Mabes Polri.

Simbol dari pangkat ini ialah 2 bintang emas.

Baca Juga :   Penting ! Pemahaman Fisura Ani & 3 Cara Mengobatinya

4. Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)

Upah: Rp3,dua juta – Rp5,empat juta
Dalam Mabes Polri, pangkat Brigjen Pol dipakai oleh perwira tinggi yang pimpin satu direktorat/agen. Pada tingkat wilayah, Brigjen Pol mengetuai Polda type B atau satu tingkat Mabes Polri. Simbol pangkat polisi ini ialah 1 bintang emas.

Tingkat II: Perwira Menengah

1. Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

Upah: Rp3,1 juta – Rp5,dua juta

Awalnya, pangkat ini disebutkan Kolonel seperti pada TNI. Yang mempunyai pangkat ini adalah petinggi Polda, beberapa Direktur, Kabid, dan Kapolres Metro. Simbol pangkat Kombes Pol ialah 3 bunga dalam sisi lima warna emas.

2. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Upah: Rp3 juta – Rp5 juta

Awalnya, pangkat ini disebutkan Letnan Kolonel seperti pada TNI. Yang mempunyai pangkat ini diantaranya Wakapolres Metro, Kapolres daerah Kabupaten/Kota, Kapolsek Metro, dan sebagainya. Simbol pangkat Ajun Komisaris Besar ialah 2 bunga dalam sisi lima warna emas.

3. Komisaris Polisi (Kompol)

Upah: Rp3 juta – Rp4,sembilan juta

Pangkat Kompol sama dengan pangkat Mayor dalam TNI. Yang mempunyai pangkat ini diantaranya Petinggi Polresta/Polres, Kapolsek Metro daerah hukum Polda Metro Jaya, dan lain-lain. Simbol pangkat polisi Kompol ialah 1 bunga dalam sisi lima warna emas.

1. Taraf III: Perwira Pertama

1. Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Upah: Rp2,sembilan juta – Rp4,tujuh juta

Pangkat AKP sama dengan Kapten dalam TNI. Untuk naik dari pangkat Iptu jadi AKP, Iptu itu harus mempunyai MDP dan MDDP dan pernah menempati kedudukan definitif eselon IVA. Simbol dari pangkat ini ialah 3 segi panjang emas.

2. Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Upah: Rp2,delapan juta – Rp4,enam juta

Pangkat Iptu sama dengan Letnan Satu dalam TNI. Untuk naik dari pangkat Ipda jadi Iptu, Ipda itu harus mempunyai MDP dan MDDP dan pernah menempati kedudukan definitif eselon IVA. Simbol dari pangkat ini ialah 2 segi panjang emas.

Baca Juga :   Hebat ! Circuit Mandalika Moto GP 2022

3. Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Upah: Rp2,tujuh juta – Rp4,empat juta

Pangkat Ipda sama dengan Letnan Dua dalam TNI. Simbol dari pangkat ini ialah 1 segi panjang emas.

Tingkat IV: Bintara

Tingkat Bintara ini terdiri kembali ke dua sub-taraf: Bintara Tinggi dan Bintara. Yang terhitung Bintara Tinggi diantaranya Aiptu dan Aipda. Dalam pada itu, yang terhitung Bintara diantaranya Bripka, Brigpol, Briptu, dan Bripda.

 

1. Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Upah: Rp2,empat juta – Rp4 juta

Aipa sebagai Bintara Tinggi tingkat dua. Dulu, pangkat ini disebutkan dengan Pembantu Letnan Satu (panggilan lama untuk Iptu) . Maka, pekerjaan Aiptu jelas sudah ialah menolong Iptu. Simbol Aiptu seperti wujud dua zigzag perak yang seperti huruf M yang lebar sama dalam gambar.

2. Ajun Inspektur Polisi Satu (Aipda)

Upah: Rp2,tiga juta – Rp3,sembilan juta

Aipa sebagai Bintara Tinggi tingkat satu. Sama dengan Aiptu, dulu pangkat ini disebutkan dengan Pembantu Letnan Dua (panggilan lama untuk Ipda) . Maka, pekerjaan Aipda ialah menolong Ipda. Simbol Aipda sama dengan Aiptu tetapi cuman satu, sama seperti yang kelihatan dilukis.

3. Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Upah: Rp2,tiga juta – Rp3,tujuh juta

Posisi pangkat polisi yang setelah itu Brigadir Polisi Kepala. Bripka sebagai Bintara tingkat empat dan saat sebelum restrukturisasi dinamai Sersan Mayor. Simbol Brigadir Polisi Kepala sebagai 4 wujud V kebalik warna perak.

4. Brigadir Polisi (Brigpol)

Upah: Rp2,dua juta – Rp3,enam juta

Brigpol sebagai Bintara tingkat tiga. Saat sebelum restrukturisasi Polri di tahun 2001, pangkat polisi  ini dinamai Sersan Kepala. Simbol Brigadir Polisi sebagai 3 wujud V kebalik warna perak.

5. Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Upah: Rp2,1 juta – Rp3,lima juta

Briptu sebagai Bintara tingkat dua. Saat sebelum restrukturisasi Polri di tahun 2001, pangkat ini dinamai Sersan Satu. Simbol Brigadir Polisi Satu sebagai 2 wujud V kebalik warna perak.

Baca Juga :   iPhone 14 Series Akan Rilis 7 September 2022, Cek Harga dan Spesifikasinya!

6. Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Upah: Rp2,1 juta – Rp3,empat juta

Bripda sebagai Bintara tingkat satu. Saat sebelum restrukturisasi Polri di tahun 2001, pangkat polisi ini dinamai Sersan Dua. Simbol Brigadir Polisi Dua sebagai 1 wujud V kebalik warna perak.

Tingkat V: Tamtama

1. Ajun Brigadir Kepala (Abripka)

Upah: Rp1,sembilan juta – Rp2,sembilan juta

Posisi pangkat polisi yang setelah itu Ajun Brigadir Kepala atau Abripka. Saat sebelum restrukturisasi Polri di tahun 2001, pangkat ini dinamai Kopral Kepala. Pangkat Abripka mempunyai simbol 3 wujud V kebalik warna merah.

2. Ajun Brigadir Satu (Abriptu)

Upah: Rp1,delapan juta – Rp2,delapan juta

Saat sebelum restrukturisasi Polri di tahun 2001, pangkat ini dinamai Kopral Satu. Pangkat Abriptu mempunyai simbol 2 wujud V kebalik warna merah.

2. Ajun Brigadir Dua (Abripda)

Upah: Rp1,delapan juta – Rp2,tujuh juta

Saat sebelum restrukturisasi Polri di tahun 2001, pangkat ini dinamai Kopral Dua. Pangkat Abripda mempunyai simbol 1 wujud V kebalik warna merah.

3. Bhayangkara Kepala (Bharaka)

Upah: Rp1,tujuh juta – Rp2,tujuh juta

Saat sebelum restrukturisasi Polri di tahun 2001, pangkat ini dinamai Prajurit Kepala, seperti pada susunan TNI. Simbol untuk pangkat ini ialah 3 jajar genjang miring warna merah.

4. Bhayangkara Satu (Bharatu)

Upah: Rp1,tujuh juta – Rp2,enam juta

Saat sebelum restrukturisasi Polri di tahun 2001, pangkat ini dinamai Prajurit Satu, seperti pada susunan TNI. Simbol untuk pangkat ini ialah 2 jajar genjang miring warna merah.

5. Bhayangkara Dua (Bharada)

Upah: Rp1,enam juta – Rp2,lima juta

Posisi pangkat polisi yang paling akhir ialah Bhayangkara Dua atau yang umum dipersingkat jadi Bharada. Saat sebelum restrukturisasi Polri di tahun 2001, pangkat ini dinamai Prajurit Dua, seperti pada susunan TNI. Simbol untuk pangkat ini ialah 1 jajar genjang miring warna merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.