Google Play store

Penting ! Google Play Store & 4 Layanannya

Apa Itu Google Play Store?

Google Play Store sebagai toko sah khusus untuk program, game, musik, film, dan buku yang berada di Android. Program ini telah dipakai di penjuru dunia dengan keseluruhan unduhan capai juta-an bahkan juga milyaran.

Anda langsung bisa mengambil content yang berada di dalamnya langsung memakai piranti Android atau mengirim content ke piranti Android melalui situs Google Play.

Apakah itu Google Play Store?

Play Store ialah service distribusi digital yang dioperasionalkan sekalian diperkembangkan oleh Google. Tidaklah aneh jika ada yang mengatakan dengan istilah Google Play. Dahulunya basis ini disebutkan dengan istilah Android Market.

Perannya sebagai toko program sah buat semua piranti yang bersistem operasi Android. Dengan Google Play store , Anda dapat mencari dan mengambil program yang diperkembangkan dengan Android SDK atau Software Development Kit yang telah diedarkan oleh Google.

Selainnya sebagai toko program, basis ini berperan sebagai toko media digital. Di mana pemakai dapat mendapati musik, film, buku, bahkan juga acara tv.

Program yang ada di tempat ini ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Jumlah aplikasinya banyak dan bermacam. Mayoritas program itu benar-benar berguna buat semua pemakainya.

Menurut sejarahnya, Google Play store  dikeluarkan semenjak tahun 2012, persisnya di tanggal 6 Maret. Instrument ini sebagai kombinasi dari Android pasar, Google eBook Toko, dan Google Music.

Jenis layanan Google Play Store

Karena sebagai kombinasi dari beberapa instrument, tipe service Play Store cukup beragam, salah satunya ialah:

1. Google Play Books

Dengan bahasa Indonesia, disebutkan Google Play Buku. Awalnya, istilah yang dipakai ialah Google eBooks.
Ini berarti program buku elektronik yang ditawarkan oleh Google dengan capaian lintasi basis. Dengan menu ini, pemakai dapat mengambil dan beli buku sampai audiobooks yang berada di Play Toko.
Ada juta-an buku electronic di basis ini hingga membuat terdaftar sebagai salah satunya tempat bursa buku paling besar di dunia.

Baca Juga :   5 Langkah untuk Melindungi Komputer Windows XP Home Anda

Selainnya unduh, pemakai bisa juga mengupload buku electronic dengan pola PDF atau ePub lewat account penyimpanan cloud yang berada di Google Play Books masing-masing. Keseluruhan file yang dapat diupload capai 1.000.

Basis ini telah mempunyai program affiliate yang memungkinkannya pemakainya untuk memperoleh royalti atau komisi dari pemasaran buku.

Catatan: Database Google Play e-books berlainan dengan Google Play Buku yang berisi perpustakaan buku yang disebut hasil pindaian dari perpustakaan umum dan akademis.

2. Google Play Film & TV

Program yang diatur oleh Google untuk melihat film dan acara tv. Servicenya dapat berbentuk pembelian sampai penyewaan, bergantung ketersediaannya.

Content yang ada di sini mempunyai resolusi yang tinggi sekali. Bahkan juga, ada pilihan video 4K ultra HD untuk kesan kejernihan optimal.

Untuk melihat isinya, pemakai dapat menggunakan program mobile di iOS atau Android, lewat perpanjangan browser Google Chrome, atau langsung ke situs Google Play.

Jika ingin mengambil secara off-line, sekarang ini baru dapat dilaksanakan lewat program mobile dan piranti Chromebook.

3. Musik

Sesuai namanya, di sini Anda dapat mengambil dan dengarkan musik secara streaming. Sekarang ini, ada program terpisah yang dapat terpasang di piranti masing-masing pemakai bernama Google Play Music.

Di sini, pemakai dapat dengarkan musik dan radio dengan gratis, juga bisa abonemen dengan membayar beberapa dana.

4. Google Play Apps and Game

Berikut service khusus yang telah dikenali oleh pemakai di penjuru dunia. Melalui basis ini, Anda dapat mengambil dan mengupdate program yang dialokasikan lewat Google.

Ada juta-an program dan permainan yang ada di basis ini. Ada yang berbayar, tetapi mayoritas gratis.

Baca Juga :   Kiamat Bagi TV Analog 2022, Masyarakat Harus Merpersiapkan Diri!

Aplikasinya benar-benar bermacam dan dapat didownload pada piranti dengan detail tertentu. Saat sebelum lakukan pengunduhan, pemakai seharusnya memeriksa detil deskripsi aplikasinya agar cocok dengan piranti Android yang dipakai.

Disamping itu, pemakai bisa juga membagikan aplikasinya sendiri dan dapat menghasilkan uang dari iklan yang tampil pada program itu saat dipakai oleh pemakai lain.

Langkah membuka Google Play Store

Program ini telah ada di piranti Android seperti Samsung, Xiaomi, Realme, Oppo, Huawei, dan yang lain.
Langkah membuka lumayan gampang, sama dengan program lain. Yakni cukup hanya click atau ketuk langsung pada tombol icon yang masuk ke homescreen handphone.

Feature yang berada di Play Store

Saat buka program ini, Anda akan menyaksikan bermacam feature opsi, salah satunya ialah:

1. Info selingan terbaru

Di bagian depan aplikasinya bakal ada info tentang film yang baru launching, film paling populer, buku terkini, buku terlaku, referensi film, referensi games, penyewaan film, buku viral, dan yang lain.

2. Feature sistem pembayaran

Karena dalam aplikasinya ada service yang berbayar, karena itu ada sistem pembayaran bagi beberapa pemakai. Pemakai dapat membayar lewat code redeem, GoPay, kartu credit, atau kartu debet.

3. Gift card

Pemakai bisa juga mengurus Gift Card yang terang akan memberi keringanan di dalam permainan dan penggunaan program.

4. Subcription

Silahkan urus subscription dalam menu ini.

5. Wishlist

Pemakai dapat masukkan wishlist atau item-item favorite yang diharapkan. Program akan mengawasinya dengan detil, pemakai tinggal masukkan poinnya ke bookmark.

Selainnya sejumlah fitur di atas, ada banyak feature yang lain. Salah satunya yang terpenting ialah Parent Guide.

Cara memakai Google Play Store

Pemakaian Google Play Store benar-benar gampang. Berikut beberapa jalannya:

Baca Juga :   Perlindungan Salinan DVD & CD

Membuka program

Untuk memulai memakainya, silahkan membuka aplikasinya lebih dahulu dengan click langsung pada icon Google Play Store yang berada di homescreen.

Menu program, games, film, dan buku

Untuk mengurus penelusuran berdasar kelompok service, silahkan ketok menu yang berada di sisi bawah monitor. Opsinya ialah games, program, film, dan buku. Nama menu itu sesuai poin yang ada didalamnya.

Manfaatkan kolom penelusuran

Bila pemakai ingin cari suatu hal, tinggal tulis saja keywordnya di kolom penelusuran yang berada pada bagian atas. Pemakai bisa juga manfaatkan penelusuran lewat suara dengan click tombol microphone selanjutnya mengeja keyword yang dicari.
Mengambil atau memasang program

Sesudah hasil penelusurannya keluar di monitor HP, pemakai langsung bisa pilih program mana yang hendak didownload atau diinstall. Instalasinya lumayan gampang, yaitu dengan click di salah satunya program selanjutnya ketok instal sesudah aplikasinya terbuka.
Mekanisme Android akan selekasnya mengambil dan memasangkannya di piranti beberapa pemakai.

Mengupdate program terpasang

Melalui Google Play Store, pemakai bisa juga mendapatkan up-date terkini dari program. Langkah up-date-nya benar-benar gampang. Membuka Google Play selanjutnya tentukan garis tiga horizontal pada bagian atas kiri. Seterusnya, ketuk Program dan Game Saya.

Layar akan munculkan APK-APK yang dipasang pada Android. Silahkan ketok up-date pada APK yang ingin diperbaharui.
Tersebut informasi-informasi berkenaan Google Play Store selengkapnya. Sebagai tambahan info, salah satunya APK yang cukup terkenal di basis itu ialah program informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.