Bandung

wow ! 16 Objek Wisata Bandung Lainnya

Bandung

 

Bandung mempunyai sejuta daya tarik yang selalu membuat pelancong terkesima.

Bagaimana tidak? Dimulai dari tempat rekreasi berbasiskan alam, tujuan wisata modern, sampai kulineran dan trend fesyen dapat Sahabat Daya tarik jumpai semua di Ibu Kota Jawa Barat ini.

Karena sangat baiknya, Bandung sering jadi tujuan arah wisata singkat pada hari liburan atau akhir minggu. Baik bersama rekan, keluarga, atau sendirian, ada selalu tempat hebat dan membahagiakan yang dapat dijelajahi di Kota Bandung.

 

Kekayaan alam Bandung tidak pernah menyebalkan

 

Situasi sejuk dan panorama hijau di beberapa pojok daratan tinggi di Bandung benar-benar pas menjadi tempat relaksasi pemikiran. Sahabat Daya tarik dapat coba bertandang ke kebun teh asri di teritori Ciwidey dan nikmati angin segar dengan bebas.

 

Jika ingin tujuan yang lebih hits, mencari tiap segi rimba pinus di Cikole yang elok yang instagenic ialah jawabnya, Sahabat Daya tarik! Disamping itu, ada juga glamping hebat dengan opsi pemandangan alam yang mengagumkan, seperti pada Lakeside Rancabali, The Lodge Maribaya, dan Trizara Resor.

 

Yang jangan ketinggal, apa lagi jika bukan rekreasi alam ke Gunung Tangkuban Perahu. Ya! Sahabat Daya tarik harus melihat keelokan kawah yang kuat hubungannya dengan narasi rakyat Jawa Barat dengan judul Sangkuriang itu.

 

Menurut alkisah, wujud Gunung Tangkuban perahu yang seperti terlihat gunung kebalik ini datang dari perahu bikinan Sangkuriang sebagai persyaratan untuk dapat menikah dengan gadis paling cantik yang rupanya ialah si ibunda, Dayang Sumbi.

Tetapi persyaratan itu tidak berhasil tercukupi sampai Sangkuriang menyepak perahu itu sampai kebalik dan menurut narasi itu tadi awalnya terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu.

 

 

 

Pusat rekreasi, kulineran dan fesyen yang tidak ada duanya di Bandung

 

Jika Sahabat Daya tarik yang ingin cari spot photo yang manis dan penuh warna pastel yang modern, datangi saja Rabbit Town! Disamping itu ada juga Bandung Amazing Art World yang sediakan latar photo instagrammable dengan dampak 3D sampai sarana Dunia Kebalik yang unik.

 

Untuk lokasi untuk berswafoto yang unik, karena itu kota ini pas jadi lokasi yang benar-benar pas! Untuk Sahabat Daya tarik harus sekali berkunjung Tebing Keraton atau The Royal (Palace) Cliff, Pucuk Bukit Moko, Eurad Highland Lembang, atau Stone Garden Citatah. Nach, di Lembang ada juga juga pertunjukan tematis yang memikat ditelusuri persisnya di Farm House, dan De Ranch yang datang dengan nuansa koboi.

 

Berkunjung Bandung yang cukup kental dengan budaya dan tradisi Sunda bisa juga membuat pengalaman hebat mengenali musik, tarian, dan budayanya di Saung Angklung Udjo atau Rumah Angklung Udjo.

 

Tujuan yang mengepak beragam elemen tradisionil ini sayang sekali jika dilewati. Sahabat Daya tarik dapat melihat orkestra anak-anak dengan instrument tradisionil atau melihat performa tarian tradisionil dan atraksi musik ciri khas Sunda. Pada tempat ini, pengunjung juga dapat ikut serta jadi sisi dari orkestra angklung sambil belajar mainkan alat musik tradisionil yang ini.

 

Ketika telah senang jalan-jalan, sekarang waktunya rekreasi kulineran, Sahabat Daya tarik! Ada beberapa makanan ciri khas Bandung yang keberadaannya sekarang makin melesat.

 

Sebutlah saja bermacam masakan aci seperti, baso aci, seblak, cimol, sampai cilok. Kudapan lain dengan bumbu kacang yang renyah pas untuk menjejal perut lho, misalkan batagor, siomay, kupat tahu, karedok, atau lotek. Jika cari sajian malam yang menggoyang lidah, iga bakar, cuanki, dan mie kocok ciri khas Bandung harus masuk ke daftar opsi, nih!

Baca Juga :   Penting ! Info MPLS 2022

Sementara untuk trend fesyen, kota yang dipanggil Paris Van Java ini terang tidak ada duanya. Ada beberapa faktory toko dan distro yang datang di sejauh jalan khusus Dago (saat ini disebutkan Jalan Ir. H. Juanda), di sejauh Jalan Riau (dengan cara resmi dikenali sebagai Jalan RE Martadinata), atau diperjalanan ke Lembang di Jalan Setiabudi.

Bila Sahabat Daya tarik ingin cari macam bahan tekstil yang dapat dijangkau, karena itu Sahabat Daya tarik harus ke Pusat Perdagangan Pasar Baru, di situ Sahabat Daya tarik dapat memperoleh bahan kain yang berkualitas pada harga dapat dijangkau dengan jumlah yang banyak.

 

  1. Farmhouse Lembang

 

Farmhouse Lembang adalah tempat wisata di area Lembang yang menawarkan pengalaman unik: theme park bergaya Eropa! Yup, selain bangunan-bangunannya yang bergaya Belanda, kamu pun bisa mengenakan kostum tradisional ala Belanda yang lucu.

 

Spot fotonya banyak, dan ada restoran juga di mana kamu bisa menikmati susu yang jadi jagoan utama tempat ini serta makanan lainnya di dalam restoran dengan interior yang unik.

 

  1. Gunung Putri Lembang

 

Untuk melihat sunrise di sekitar Bandung, rasanya enggak ada destinasi wisata yang lebih baik daripada Gunung Putri. Lokasinya enggak jauh dari kota, tepatnya di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

 

Pendakian ke puncaknya pun enggak makan banyak waktu, cuma 30 menit. Meski begitu, semua pengunjung akan mendapatkan pemandangan matahari terbit yang indah dari sana.

 

Sunrise Trip Gunung Putri Lembang

 

  1. Bukit Moko

 

Bukit Moko adalah salah satu spot paling populer di Bandung untuk melihat sunset atau cahaya kota Bandung di malam hari dari ketinggian! Bisa dikunjungi dengan melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui Jalan Padasuka dan Jalan Cimenyan.

 

Sayangnya jalanan ke arah Bukit Moko tidak terlalu mudah dilalui karena cukup curam dan kondisi jalan di beberapa area dilaporkan tidak begitu bagus. Jadi pastikan kamu berhati-hati, ya! Bisa juga gunakan rental mobil di Bandung + driver lokal yang sudah kenal jalanan Bandung.

 

  1. Glamping Lakeside Rancabali

 

Terletak enggak jauh dari Kawah Putih Ciwidey maupun Kampung Cai Ranca Upas, Glamping Lakeside Rancabali merupakan area glamping yang terletak di sisi Situ Patenggang.

 

Dengan pemandangan danau yang indah, udara yang sejuk, dan pagi yang seringkali berkabut, menginap di Glamping Lakeside Rancabali dijamin bakal memberikan pengalaman berbeda.

 

Menurut situs resminya, kamu bisa menginap di salah satu jenis penginapan di Glamping Lakeside Rancabali mulai dari Rp 1,1 jutaan per malam.

 

Kalaupun kamu enggak mau menginap, kamu bisa kok mampir aja ke Pinisi Resto-nya yang unik!

 

  1. Rumah Belanda

 

 

Kata siapa untuk mencoba dan berfoto dengan pakaian tradisional Belanda cuma bisa dilakukan di Belanda? Kamu juga bisa melakukannya di Bandung, lho. Tepatnya di Rumah Belanda, yang terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

 

Di tempat wisata Bandung yang unik ini, kamu bisa merasakan budaya Belanda tapi di Lembang. Kamu beneran akan serasa di Volendam, di mana kamu bisa berfoto dengan menggunakan pakaian tradisional Belanda dengan latar belakang ala rumah-rumah Belanda.

Baca Juga :   Oppo A57 Rilis di Indonesia, Harga Cuma 2 Jutaan!

 

Enggak hanya itu, kamu juga bisa menikmati berbagai makanan khas Belanda di sini seperti macaroni schotel, bitterballen, dan kroketten!

 

Rumah Belanda

Harga Tiket: Rp 25.000 – Rp 30.000

Alamat: Jl. Raya Maribaya Sukamaju RW 03 / RT 04, Cibodas, Lembang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

 

  1. Grafika Cikole

 

Pernah melihat foto-foto villa-villa cantik yang berdiri berjajar di tengah hutan pinus yang asri? Besar kemungkinan foto itu berasal dari Grafika Cikole, tempat wisata di Bandung yang populer banget karena villa-villa mini ini.

 

Terletak di Cikole, Lembang, Grafika Cikole bukan saja menawarkan penginapan dengan suasana menyenangkan khas Hutan Pinus, tetapi juga berbagai aktivitas outdoor dari ATV, outbound, sampai paintball.

Grafika Cikole

Harga Tiket: Rp 15.000 (Belum termasuk tiket aktivitas)

Alamat: Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

  1. Taman Wisata Bougenville

 

Kalau ingin merasakan wisata alam tak jauh dari Bandung namun dengan fasilitas lengkap yang cocok untuk liburan keluarga, Taman Wisata Bougenville adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang harus dikunjungi.

 

Punya konsep nature escape namun dengan berbagai fasilitas yang ramah keluarga, Taman Wisata Bougenville adalah tempat yang pas untuk dikunjungi saat ingin menghabiskan liburan keluarga jauh dari kota. Terletak di kaki Gunung Puntang, tempat wisata Bandung yang satu ini benar-benar asri dan menyenangkan untuk dikunjungi!

 

  1. Kebun Teh Sukawana

 

Satu lagi tempat wisata di sekitar Bandung yang khas banget, tentu saja, adalah kebun teh-nya! Salah satunya adalah Kebun Teh Sukawana, yang terletak di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Enggak cuma untuk menikmati atmosfer kebun teh yang fresh dan panorama yang indah di sana, kamu tentu saja juga bisa berburu foto bagus di Kebun Teh Sukawana.

 

Ikuti Open Trip atau Private Tour ke Kebun Teh Sukawarna Bandung dengan Harga Spesial!

 

  1. Saung Angklung Udjo

 

Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata di Bandung yang menawarkan objek wisata budaya dan performing arts, lengkap dalam satu paket. Seperti namanya, sajian sejarah dan seni musik angklung menjadi daya tarik utama di tempat ini.

 

Gak cuma bisa melihat pertunjukan, pengunjung juga bisa belajar bagaimana angkung dibuat – bahkan ada kelas pelatihan tersendiri bagi yang tertarik. Jangan lupa beli angklung juga di toko souvenir untuk oleh-olehmu.

 

Saung Angklung Udjo

Harga Tiket: Rp 75.000

Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat

 

  1. Kawah Rengganis Ciwidey

 

 

Tempat wisata alam Bandung ini bisa dibilang merupakan “hidden gem” di Ciwidey, karena memang popularitasnya enggak sebesar Kawah Putih atau Kampung Cai Ranca Upas. Meski begitu, tempat ini punya pesonanya tersendiri; dengan kolam-kolam pemandian air panas alami yang bertumpuk-tumpuk, dengan bebatuan vulkanis yang bikin pemandangan makin eksotis.

 

Yup kolam pemandian di Kawah Rengganis memang bisa dibilang masih alami banget. Airnya panas alami, dibantu oleh uap dari panas bumi. Selain menyenangkan karena berendam air panas memang bikin rileks, konon berendam di kolam air panas alami seperti ini juga baik untuk kulit dan menyehatkan juga.

Baca Juga :   Hari Buruh atau May Day Diperingati Tiap 1 Mei, Simak Sejarahnya

 

Jalur untuk pergi ke Kawah Rengganis juga belum banyak dirombak dan kamu perlu trekking 10-15 menit dari parkiran mobil untuk bisa mencapai kolam-kolamnya. Kamu bisa ikut private tour ke Kawah Rengganis dan Glamping Lakeside dari Bandung untuk perjalanan yang lebih nyaman!

 

  1. Tangkuban Perahu

 

Jika di selatan Bandung ada Kawah Putih, di utara Bandung terdapat Gunung Tangkuban Perahu, gunung stratovolcano yang masih aktif dan menjadi tempat wisata populer di Bandung sejak lama. Pengunjung bisa berkunjung sampai ke bibir kawah, dan melihat langsung isi kawah seperti apa.

 

Tapi hati-hati ya, bau belerang di sini cukup menyengat!

 

  1. Taman Bunga Begonia Lembang

 

Taman Bunga Begonia Lembang adalah sebuah tempat wisata di area Maribaya dengan konsep taman bunga yang luas – mencapai 2 hektare! Kamu bisa menemukan berbagai jenis bunga seperti marigold, tulip, geranium, hingga celosia. Semuanya ditata dengan menarik hingga menciptakan banyak spot foto yang Instagramable.

 

Kamu bisa mengunjunginya sekalian mengunjungi tempat wisata di Lembang lainnya seperti The Lodge Maribaya, Fairy Garden, atau Dago Dream Park. Lokasinya mudah ditemukan kok, cari saja “Kebun Begonia” di Google Maps!

 

  1. Lawangwangi Creative Space

 

Lawangwangi Creative Space bukan cuma sekadar galeri seni biasa. Harus diakui, daya tarik terbesarnya yang bikin tempat ini selalu ramai dengan anak-anak muda, adalah kafenya yang punya pemandangan indah dari atas Dago.

 

Enggak heran tempat ini jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalau lagi main ke Dago.

Lawangwangi Creative Space

Alamat: Jl. Dago Giri No.99, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

 

  1. Upside Down World Bandung

 

Jika kamu membawa anak-anak untuk liburan di Bandung bersama keluarga, mereka mungkin akan merasa lelah setelah perjalanan panjang dari Jakarta. Nah, bikin mereka melupakan rasa lelah dengan pergi ke Upside Down World Bandung, yang merupakan spot foto unik seolah kamu berdiri terbalik di berbagai ruangan yang tersedia di sini.

 

Mereka pasti hepi lagi deh setelah berfoto-foto seru di tempat ini. Tiket masuknya juga relatif terjangkau, enggak sampai Rp 100 ribu untuk kunjungan akhir pekan.

 

  1. Sanghyang Heuleut

 

Konon, Sanghyang Heuleut adalah kolam alam yang sudah terbentuk sejak jaman prasejarah. Bahkan ada legenda yang menyebut kalau kolam ini sejatinya merupakan tempat pemandian para bidadari dari kayangan!

 

Enggak mengherankan sih kalau bidadari senang mandi di sini. Dengan air yang dingin dan cukup jernih, plus pemandangan indah dengan batu-batuan berwarna putih di sekelilingnya, berenang di Sanghyang Heuleut memang sangat menyenangkan.

 

Tapi perlu diketahui ya kalau lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota – hingga hampir 2 jam dengan mobil! Kamu juga harus hiking lagi dari parkiran untuk bisa sampai area laguna. Jika malas repot, kamu bisa saja pesan langsung Private Hiking Sanghyang Heuleut

 

  1. Sunrise Point Cukul

 

Terletak di Pangalengan, spot melihat matahari terbit yang satu ini terbilang baru karena baru ramai mulai 2018 lalu. Agak jauh dari Bandung sih, memang, sekitar 2 sampai 2,5 jam dari pusat kota. Tapi pemandangan sunrise di sini bisa dibilang enggak main-main karena kamu bisa melihat matahari terbit dari balik Gunung Wayang!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *