Terapi Pijat

6 Terapi Pijat yang Tepat

Sehat dengan Terapi Pijat yang Tepat

Terapi pijat sebagai salah satunya wujud therapy alternative yang sering dipakai untuk menurunkan tanda-tanda penyakit tertentu. Terapi ini bukan hanya bisa memberi dampak rileksasi, tapi juga efisien untuk menangani depresi dan menurunkan ngilu.
Pijat ialah kegiatan memberikan penekanan pada anggota badan, khususnya kulit, otot, dan urat, dengan tehnik atau sistem tertentu. Terapi pijat bisa diketemukan di beberapa tempat, dimulai dari salon, spa, sampai jasa terapi pijat tradisionil yang bisa diundang ke rumah.

Bahkan juga, Anda juga bisa nikmati service pijat memakai alat atau bangku pijat pada harga yang dapat dijangkau di pusat-pusat perbelanjaan.

Tipe-Jenis Terapi Pijat

Pijat bisa dilaksanakan dengan beragam tehnik. Berikut ialah beberapa macam terapi pijat yang dijumpai aman untuk dilaksanakan:
Pijat jaringan dalam (deep tissue massage)

Bila badan berasa kaku dan ngilu, tipe therapy pijat ini pas dilaksanakan karena terapi akan konsentrasi memberi penekanan pada susunan otot, tendon, dan jaringan lain di permukaan kulit. Disamping itu, pijat jaringan dalam bisa juga memudahkan cidera otot, seperti keseleo.

Pijat akupresur (acupressure massage)

Sistem pijat ini dilaksanakan dengan memberi penekanan pada bagian badan tertentu atau disebutkan titik akupresur. Pemberian penekanan di titik ini dipercayai bisa menangani penyumbatan, memperlancar saluran, dan kembalikan kesetimbangan energi pada tubuh.

Disamping itu, therapy pijat akupresur dapat menurunkan ngilu dan memudahkan efek kemoterapi.

Pijat Thai (Thai massage)

Berlainan dengan therapy pijat secara umum, Thai massage dilaksanakan di atas matras dan mewajibkan orang yang dipijat untuk ikut bergerak aktif. Terapi pijat ini memakai tehnik penarikan, pengenduran, dan pergerakan yang seperti yoga.

Pijat refleksi

Sistem pijat refleksi lumayan banyak disukai oleh warga. Tehnik pijat yang ini biasanya fokus di titik tertentu pada bagian badan, khususnya tangan dan kaki, yang mempunyai juta-an saraf dan tersambung dengan beragam organ pada tubuh.

Baca Juga :   Tren ! crop top 2022

Dengan lakukan pijat refleksi kaki atau tangan, dipercayai sanggup mengetahui dan menangani permasalahan kesehatan yang dirasakan.
Pijat batu panas (hot stone massage)

Hot stone massage pas dilaksanakan untuk Anda yang kerap alami keluh kesah ngilu atau tegang pada otot. Sistem pijat ini memakai batu yang sudah dihangatkan untuk memperlancar saluran darah pada tubuh.

Tidak itu saja, sistem pijat batu panas dapat menurunkan kemelut otot dan kurangi rasa ngilu yang dirasakan.

Pijat wewangianterapi

Pijat wewangianterapi sebetulnya serupa dengan pijat biasa, namun memakai wewangianterapi saat memijat. Pijatan akan konsentrasi pada tempat punggung, pundak, dan kepala, dan biasanya berjalan sepanjang 60-90 menit.

Dalam sistem pijat ini, Anda dapat pilih wewangian fundamental yang Anda gemari, hingga Anda jadi lebih nyaman, tenang, dan santai saat dipijat.

Disamping itu, ada keadaan yang lain dapat tertolong dengan therapy pijat, seperti saat hamil. Pijat saat hamil bisa menurunkan depresi, bengkak kaki dan lengan, dan ngilu otot dan persendian.

Faedah Terapi Pijat untuk Kesehatan

Selainnya sebagai sistem rileksasi, therapy pijat dapat memberi bermacam faedah lainnya untuk kesehatan, yakni:

1. Menurunkan sakit di kepala
Therapy pijat dapat berguna untuk memudahkan keluh kesah sakit di kepala, terhitung migrain. Study memperlihatkan jika therapy pijat bisa menurunkan tanda-tanda ngilu dan membenahi kualitas tidur ke orang yang kerap rasakan sakit di kepala atau migrain.

2. Memudahkan ngilu punggung
Sebuah riset mengutarakan jika pijat bisa menangani tanda-tanda ngilu punggung akut. Tetapi, faedah therapy pijat sebagai sistem penyembuhan ngilu punggung masih membutuhkan riset selanjutnya.

3. Kurangi ngilu persendian
Ngilu dan kaku pada persendian sebagai salah satunya keluh kesah yang cukup biasa terjadi. Keadaan ini dapat disebabkan karena radang persendian atau osteoartritis.

Baca Juga :   Luar biasa ! Prakerja Gelombang 33 dan 34

Study memperlihatkan jika therapy pijat dapat dilaksanakan sebagai therapy tambahan untuk memudahkan ngilu dan tingkatkan gerakan persendian ke orang yang alami radang persendian.

4. Kurangi depresi
Therapy pijat dijumpai bisa menolong badan untuk tingkatkan empat tipe hormon yang memunculkan hati berbahagia, yakni serotonin, dopamin, endorphin, dan oksitoksin.

Kenaikan hormon-hormon itu, pasti bisa membuat badan jadi lebih santai hingga stress yang dirasa awalnya akan menyusut.

5. Membenahi kualitas tidur
Pijat yang sudah dilakukan dengan teratur bisa dibuktikan bisa turunkan tingkat stres dan rasa kuatir dan tingkatkan kualitas tidur. Ini karena pijat bisa memacu pelepasan hormon serotonin, hormon yang bisa memunculkan rasa tenang.

Terapi pijat sudah bisa dibuktikan berguna tidak cuman untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak dan remaja.

6. Menggairahkan pembangunan jaringan otot
Kelumpuhan, stroke, atrofi otot, atau multiple sclerosis ialah beberapa macam keadaan yang bisa mengakibatkan berkurangnya jaringan otot. Untuk menggairahkan kembali pembangunan jaringan otot yang berkurang itu, therapy pijat dapat dilaksanakan sebagai therapy tambahan pada pasien keadaan itu.

Disamping itu, riset mengatakan jika therapy pijat berguna untuk memudahkan tanda-tanda karena keadaan tertentu, seperti masalah pencernaan dan saraf, cidera otot, insomnia, dan ngilu haid.

Selainnya banyak hal di atas, therapy pijat menjadi fasilitas rileksasi dan kurangi tanda-tanda atau efek penyembuhan kanker. Pijat dapat membuat mekanisme ketahanan tubuh, menurunkan ngilu, lebam, kecapekan, dan rasa mual.

 

Resiko Terapi Pijat

Walau mempunyai bermacam faedah untuk kesehatan, therapy pijat bisa juga datangkan resiko, terlebih jika tidak dilaksanakan oleh terapi professional. Berikut ialah beberapa resikonya:
• Patah tulang
• Pergeseran tulang atau dislokasi
• Lebam atau bengkak
• Gangguan saraf
• Kesemutan
• Perdarahan dalam
• Reaksi alergi terhadap minyak atau losion pijat
Beragam resiko di atas semakin lebih berpeluang terjadi ke orang dengan keadaan kesehatan tertentu, misalnya:
• Patah tulang
Osteoporosis
• Deep vein thrombosis (DVT), yakni keadaan saat terjadi aglutinasi darah pada bagian pada tubuh
• Gangguan pendarahan atau sedang konsumsi obat pencair darah
• Luka bakar atau cedera yang belum pulih prima
• Trombositopenia atau kekurangan trombosit pada darah

Baca Juga :   Kamera Digital Terbaik

Oleh karenanya, bila Anda mempunyai keadaan klinis tertentu, seharusnya tanyakan dahulu ke dokter saat sebelum lakukan terapi pijat.
Beberapa Panduan untuk Memperoleh Therapy Pijat dengan Aman

Sama seperti yang sudah disebut awalnya, therapy pijat dapat jadi lebih beresiko bila tidak digerakkan oleh terapi terbiasa. Berikut ialah beberapa panduan yang dapat Anda kerjakan untuk meminimalisir resiko dari therapy pijat:

• Beri tahu terapi jika sedang mempunyai keadaan tertentu, seperti hamil, terserang penyakit, atau mempunyai cedera fisik. Disamping itu, infokan kisah penyakit yang sempat dialami.

• Pastikan terapi yang dipakai mempunyai sertifikat atau sudah lewat beragam training. Anda juga dapat bertanya agunan apa yang bisa diberi jika terjadi efek tertentu sesudah dipijat.

• Beri tahu terapi tergantung arah Anda ingin mendapatkan pijatan. Apa sekedar rileksasi atau untuk tangani penyakit tertentu.
• Jangan sangsi minta terapi memudahkan pijatannya, jika pijatan dirasakan terlampau keras.

• Jika Anda mempunyai alergi pada beberapa bahan tertentu, yakinkan jika losion atau minyak yang digunakan untuk memijat tidak memiliki kandungan beberapa bahan itu.

Therapy pijat dapat dilaksanakan sebagai salah satunya wujud rileksasi untuk melepas kemelut dan depresi. Disamping itu, therapy ini bisa juga menurunkan ngilu. Walau demikian, therapy pijat tidak dapat gantikan penyembuhan klinis, terutama bagi keluh kesah atau ngilu yang cukup kronis.

Jika keluh kesah yang Anda alami tidak juga lebih baik atau malah makin kronis sesudah therapy pijat, seharusnya selekasnya kontrol ke dokter untuk memperoleh pengatasan yang akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *