Teknologi Informasi

Teknologi Informasi

Teknologi informasi menggunakan perangkat komputer beserta software sebagai media untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisi, serta mendapatkan informasi secara aman di layanan internet.

Memang saat ini teknologi tersebut memiliki peran penting dalam hal alat komunikasi. Akan tetapi, manfaatnya tidak hanya terbatas pada peran tersebut. Anda bisa mengenali fungsi lain yang dimiliki teknologi ini.

Fungsi Teknologi Informasi Secara Umum

Fungsi yang dimilikinya terdapat enam poin yang mampu memberikan pengaruh besar di kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Menangkap atau Menginput

Fungsi pertama adalah menangkap suatu inputan atau masukan yang berasal dari microphone, keyboard, maupun hardware lainnya. Fitur ini disebut sebagai capturing yang mampu digunakan untuk menyimpan sebuah informasi.

  1. Processing atau Pengolah

Saat informasi sudah diperoleh maka selanjutnya proses yang dilakukan adalah pengolahan (processing). Hal ini berarti teknologi mampi mengkompilasikan sebuah catatan terperinci untuk aktivitas yang dilakukan.

Contohnya saja, inputan yang berasal dari proses capturing mampu diolah menjadi file atau data yang dibutuhkan oleh pengguna.

Selanjutnya, bisa dilakukan cara untuk memproses data dalam bentuk konversi atau pengubahan data ke dalam bentuk lain, menganalisis sebuah kondisi, memperhitungkan atau kalkulasi, penggabungan banyak data dan informasi sehingga mudah dimengerti oleh para user.

  1. Menghasilkan (Generating)

Teknologi informasi juga bisa berfungsi sebagai alat organisasi sebuah informasi ke dalam bentuk yang lebih sederhana sehingga mudah dimengerti oleh para pengguna seperti tabel dan grafik.

  1. Penyimpanan (Storage)

Fungsi selanjutnya pada teknologi ini adalah mampu menyimpan atau merekam data serta informasi ke dalam sebuah media penyimpan seperti harddisk, flashdisk, CD, disket, dan lainnya.

  1. Mencari Kembali (Retrieval)

Menemukan data yang sudah tersimpan lama bisa Anda dapatkan kembali. Tak hanya itu, karena Anda juga bisa menyalin. Fungsi ini akan cocok digunakan pada sebuah perusahaan atau tempat pembelajaran sehingga bisa menggunakan banyak data tanpa kebingungan mencari.

  1. Transmisi (Transmission)

Terakhir adalah fungsi transmission yaitu untuk mengirim data berupa informasi pada satu lokasi ke lokasi lainnya menggunakan jaringan komputer sehingga pengguna bisa melakukan sharing data.

Baca Juga :   Hentikan Spam 100% dalam 7 menit!

Fungsi-fungsi pada teknologi informasi ini berkesinambungan dan berproses pada satu fungsi ke fungsi lainnya. Dengan begitu proses komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan sesuai proses teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.