definisi insomnia adalah
Source Template : www.canva.com

Definisi Insomnia Adalah

Insomnia Adalah

Apakah Anda merasakan tidak tidur akhir-akhir ini? Atau mungkin merasa kurang nyaman tidur karena tidak masuk dalam fase deep sleep? Jika begitu maka Anda sudah terkena insomnia. Insomnia adalah gangguan sulit tidur atau tidak cukup waktu tidurnya meskipun waktu tidur cukup untuk dilakukan.

Gejala yang dirasakan oleh penderita insomnia ini seperti kelelahan, mengantuk di siang hari, sulit fokus saat beraktivitas, serta sering merasa lemas. Apa yang menyebabkan terjadinya gangguan tidur ini?

Penyebab Insomnia Adalah

Sulit tidur memang bisa menyebabkan para penderitanya kurang konsentrasi sehingga berdampak pada kesehatan. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengenali penyebab insomnia terlebih dahulu, yaitu:

  • Mudah mengalami stress atau banyak pikiran yang ringan sampai berat.
  • Memiliki peristiwa traumatis dan sering mengingatnya.
  • Perubahan kebiasaan atau pola tidur contohnya saja seperti pindah ke tempat baru.
  • Jet lag saat berpindah ke luar negeri.
  • Mengkomsumsi obat-obatan tertentu sehingga berdampak pada pikiran.

Penyebab ini memang tidak terjadi pada semua orang. Akan tetapi, jika mengalaminya maka kemungkinan besar adalah Anda sudah terdampak pada gangguan sulit tidur.

Jenis insomnia sendiri ada dua yaitu primer yang tidak diketahui apa penyebabnya sedangkan sekunder bisa sampai berpengaruh pada kondisi medis, psikologis, maupun pengidap diabetes.

Pengobatan Insomnia

Jika Anda sudah memiliki gangguan sulit tidur selama 3 bulan maka Anda harus segera melakukan pengobatan karena pengobatan insomnia adalah yang terbaik. Pengobatan yang tepat biasanya akan dilakukan oleh dokter dengan mencari penyebabnya terlebih dahulu.

Apabila penyebabnya sudah diketahui maka jika didasari oleh kebiasaan dan pola hidup maka dokter akan memberikan saran untuk merubah pola hidup yang sehat. Contohnya saja, beraktivitas pada siang hari dan tidak begadang, rajin olahraga, dan tidak makan atau minum berlebihan pada malam hari.

Baca Juga :   Mengerikan ! 3 Jenis Hepatitis Akut

Sedangkan jika terdapat gangguan kesehatan maka dokter akan menjalankan terapi perilaku kognitif biasanya untuk penyebab rasa cemas berlebihan. Dengan begitu maka terapi tersebut mampu mengubah perilaku serta pola pikir sehingga mempengaruhi kualitas tidur terbaik.

Memang mencari jalan untuk pengobatan insomnia adalah dengan mengikuti kata dokter yang sudah berpengalaman. Akan tetapi, Anda harus melakukan perubahan pola hidup terlebih dahulu untuk menjalani hidup sehat dan terbebas dari insomnia, maka dokter bisa menjadi alternatif kedua Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.