DVD & CD
source image : freepik.com

Perlindungan Salinan DVD & CD

Perlindungan Salinan DVD dan CD

Ada beberapa cara untuk melindungi CD atau DVD Anda agar tidak disalin. Kebanyakan dari mereka bergantung pada melanggar kepatuhan dengan standar CD dan DVD. Artikel ini menjelaskan penggunaan file dummy dan sektor berbahaya, meskipun ada cara lain untuk melindungi CD Anda.

File tiruan di CDS

Dalam kebanyakan kasus, CD-ROM menggunakan sistem file ISO9660 untuk menempatkan ruang yang ada di file dan folder. Paling sering digunakan di bawah sistem file yang lebih canggih seperti Joliet untuk mengatasi beberapa batasan. Pendekatan paling dasar adalah memalsukan potongan-potongan kecil informasi dalam sistem file. Pada awal produksi perangkat lunak, semua file disalin dari media asli satu per satu dan sistem file baru dibuat ulang pada media target, mengakibatkan hilangnya informasi yang salah dan disk salinan yang tidak dapat digunakan.

Sektor Ilegal CDS

Struktur data tingkat atas pada CD-ROM disebut sektor, dan perangkat lunak hanya dapat menggunakan sektor (menghitung sistem operasi). Semua sektor berisi 2048 byte data pengguna, 304 byte detail struktural (untuk MODE1 CD-ROM), dan nomor sektor, yang menunjukkan posisi logis absolut dan relatif dari sektor tersebut.

Bidang Kode Deteksi Kesalahan (EDC) dan Kode Koreksi Kesalahan (ECC) memungkinkan drive mendeteksi dan memperbaiki kesalahan baca.

Secara sengaja membuat sektor dengan bidang EDC / ECC yang tidak sesuai pada tahap tertentu dalam manufaktur memberikan fungsionalitas yang luar biasa untuk digunakan dalam metode perlindungan salinan. Perangkat lunak proteksi akan mencoba membaca sektor-sektor ini hingga terjadi kesalahan baca. Versi awal perangkat lunak dan perangkat keras pengguna akhir tidak dapat menghasilkan sektor dengan detail struktural ilegal, sehingga properti ini tidak dapat dibuat ulang dengan perangkat lunak dan perangkat keras tersebut. Ketika sektor yang membentuk atribut pengidentifikasi menjadi dapat dibaca, disk adalah salinan.

Baca Juga :   Gratis ! 9 Tips memilih rumah kpr

Pada mesin modern, perangkat lunak dan perangkat keras saat ini dapat mereproduksi sektor mentah, sehingga pendekatan di atas tidak memberikan perlindungan yang diperlukan.

Adaptasi dari pendekatan ini menggunakan area besar dari sektor yang tidak dapat dibaca, dengan pulau-pulau kecil dari sektor yang dapat dibaca di antaranya. Dalam kebanyakan kasus, perangkat lunak yang mencoba menduplikasi media yang dilindungi kehilangan spasi sektor ketika dihadapkan dengan media yang tidak dapat dibaca dan mengharapkan semuanya menjadi buruk.

Perlindungan DVD

DVD dapat dilindungi dengan teknologi generasi baru. CSS (Content Scramble System) adalah yang paling efektif dan banyak digunakan. CSS adalah teknik enkripsi yang relatif sederhana. Semua DVD dienkripsi dengan kunci 40-bit yang dihasilkan untuk setiap film. Di awal disk, kunci ini dienkripsi dengan sejumlah kunci yang mewakili kunci potensial pemutar DVD. Saat DVD ditempatkan di pemutar DVD, DVD memindai kunci internal dan mencoba mencocokkan lebih dari 400 kunci pada disk. Metode yang tepat tentang bagaimana proses perlindungan ini bekerja dilindungi sebagai informasi sensitif agar tidak memberikan pemecah kode informasi yang diperlukan untuk memecahkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *