Kabel Cat 5
Image source : us.misumi-ec.com

Cara Merangkai Kabel Cat5

Langkah-langkah berikut adalah panduan umum konstruksi kabel Ethernet cat5. Mereka dapat digunakan untuk membuat kabel jaringan dari kategori apa pun. Contoh ini membuat kabel patch kategori 5e. Hal penting yang perlu diingat saat menulis patchcord Ethernet adalah bahwa “pelintiran” pasangan individu harus tetap terjalin sebanyak mungkin sampai ujung colokan RJ-45 tercapai. Memutar sepasang kabel jaringan membantu memastikan koneksi yang baik dan meminimalkan interferensi crosstalk.

Langkah 1-Pengupasan
Untuk membuat prosesnya sedikit lebih mudah, mulailah dengan menarik kabel jaringan massal sekitar 12 kaki. Lepaskan selubung luar kabel dengan hati-hati yang memperlihatkan sekitar 11/4 dari pasangan bengkok. Saat melepas selubung, berhati-hatilah agar tidak menggores atau memotong kabel internal. Lepaskan selubung luar. Setelah itu, Anda akan melihat bahwa kedelapan kabel dipelintir berpasangan Tali bibir (benang putih).

Langkah 2-Inspeksi
Periksa kabel yang baru terungkap apakah ada luka atau goresan yang mengekspos kabel tembaga di dalamnya. Jika Anda merusak selubung pelindung kabel, Anda harus memotong seluruh segmen kabel dan memulai dari langkah 1. Ketika kawat tembaga terbuka, tidak ada crosstalk, kinerja buruk, atau tidak ada koneksi sama sekali. Penting untuk meninggalkan jaket semua kabel jaringan di tempatnya.

Langkah 3-Persiapan
Untuk menyiapkan kawat dan membuatnya lebih mudah dipegang, Anda dapat melepaskan ikatan dan meratakannya di antara jari-jari Anda. Benang putih juga bisa dipotong dan dibuang dengan jaket.

Langkah 4-Tata Letak
Sekarang Anda perlu mengatur kabel dalam pola tertentu berdasarkan spesifikasi kabel yang Anda ikuti. Ada dua metode yang dipatenkan oleh TIA, 568A dan 568B. 568B adalah kabel jaringan yang paling umum dan banyak digunakan dalam jaringan komputer dan sistem telepon digital. Oleh karena itu, kami akan menggunakannya dalam demonstrasi. Mulai dari kiri atas steker RJ-45, pengkabelan harus dalam urutan yang ditunjukkan di sebelah kanan.

Baca Juga :   Cara Jitu Menabung Untukmu yang Bergaji di Bawah 2 Juta Rupiah

Langkah 5-Jack persiapan
Sekali lagi, dorong semua kabel rata di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda, seperti yang ditunjukkan pada langkah 3. Pastikan warna tetap dalam urutan yang benar. Dengan menggunakan gunting, potong bagian atas kabel secara merata satu sama lain hingga panjang 1/2 inci dari dasar jaket. Potong untuk memastikan bahwa kawat seragam dan bersih. Jika tidak, sambungkan kabel agar tidak menyentuh bagian dalam dongkrak.

Langkah 6-Masukkan kabel
Pastikan kabel tetap rata dan dorong kabel ke dalam steker RJ-45 dengan sisi datar steker menghadap ke atas. Kabel putih / oranye harus berada di sisi kiri menghadap Jack. Melihat steker dari depan, Anda dapat melihat apakah semua kabel terhubung ke jack dan tetap di tempatnya. Anda seharusnya dapat melihat kabel yang ditempatkan di setiap lubang, seperti yang Anda lihat di kanan bawah. Mungkin perlu beberapa upaya untuk mendorong pasangan dengan kuat ke steker. Setelah mengeriting steker, jaket kabel juga harus pas kira-kira 3/16 “di bagian belakang jack untuk mengamankan kabel.

Langkah 7-Crimping
Kemudian pasang steker kabel pada alat crimping. Jika Anda memegang pegangan dengan kuat, Anda akan mendengar suara ratchet saat Anda melanjutkan. Ketika crimping selesai, pegangan akan diatur ulang ke posisi terbuka.

Langkah 8-Uji
Setelah Anda memiliki kabel baru, bukan ide yang buruk untuk mengujinya untuk memastikan kabel tersebut berfungsi di lapangan. Adalah penting bahwa kedelapan kabel memiliki koneksi dan berada dalam urutan yang benar. Kabel jaringan yang salah kabel dapat menyebabkan sakit kepala di kemudian hari. Selain itu, saat Power-over-Ethernet memasuki pasar, pasangan kabel silang dapat menyebabkan kerusakan fisik pada komputer atau peralatan sistem telepon Anda. Bahkan lebih penting pasangan berada dalam urutan yang sudah benar. Dengan penguji kabel sederhana, Anda dapat dengan cepat melihat informasi itu.

Baca Juga :   Tutorial Membuat Sitemap... Sangat Mudah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.