Membuat Icon
source image : freepik.com

Cara Membuat Icon

Membuat Icon Dengan Mudah

Ikon berperan dengan sangat penting dalam suatu produk, baik dalam perangkat lunak maupun di situs web. Dengan melihatnya, pengguna tidak hanya dapat memahami aplikasi, tetapi juga perusahaan yang mengembangkannya. Ikon berkualitas tinggi memberi Anda keunggulan atas pesaing Anda di pasar perangkat lunak.

Setiap pengembang perangkat lunak ingin membuat perangkat lunak lebih jelas bagi pengguna. Berbagai cara digunakan untuk ini. Tooltips, elemen grafis, efek suara, dll. dapat menjelaskan kepada pengguna apa fitur aplikasi ini atau untuk apa. Artikel ini merinci ikon (item grafik kecil) sebagai beberapa elemen terpenting dari pengembangan perangkat lunak dan situs.

Perlu diperhatikan evolusi perangkat lunak, karena Anda segera menyadari bahwa antarmuka bukanlah tempat terakhir untuk menempati perangkat lunak. Perusahaan yang terlibat dalam pengembangan aplikasi dan situs mencari untuk memenangkan peringkat pengguna tidak hanya untuk fungsionalitas, tetapi juga untuk kecantikan produk. Untuk membuat gambar yang menarik, mereka menyewa desainer atau menggunakan layanan dari perusahaan pihak ketiga yang berspesialisasi dalam grafik pada khususnya. Salah satu perusahaan ini adalah Aha-Soft, yang telah memantapkan dirinya di pasar pembuatan elemen grafis. Mari kita lihat produk perangkat lunak dan elemen grafis yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan berikut.

Ada beberapa cara untuk membuat ikon yang membantu pengguna mempelajari dan menggunakan produk perangkat lunak.

1. Buat ikon dengan ArtIcons Pro
2. Secara otomatis membuat ikon dari gambar Any to Icon
3. Gunakan alat grafis profesional: Corel Draw, PhotoShop, Adobe Illustrator, 3dMax
4. Cari di internet untuk ikon gratis
5. Cari ikon di Windows dengan ArtIcons Pro
6. Pesan ikon dari desainer
7. Beli ikon yang sudah jadi di www.777icons.com

Baca Juga :   MacBook Pro M2 Rilis di Indonesia, Berikut Harga dan Spesifikasinya!

Variasi pertama berguna untuk perusahaan yang gajinya termasuk desainer yang dapat membuat ikon khusus aplikasi. Pakar di bidang ini biasanya memiliki bidang keahlian yang sempit, membuat item untuk keperluan periklanan, template situs, dan sebagainya. Namun, ia mungkin tidak dapat membuat ikon sepenuhnya.

Membuat gambar dengan Any to Icon berarti Anda sudah memiliki ikon di masa mendatang, tetapi dalam format lain (jpg, bmp, gif, png, dll.). Varian ini buruk hanya karena Anda tidak selalu memiliki gambar yang dapat Anda konversi.

Menggunakan alat grafis profesional adalah cara yang baik hanya jika Anda mengetahuinya sepenuhnya. Setelah Anda membuat gambar, Anda perlu mengonversinya ke format * .ico. Untuk melakukan ini, Anda perlu menggunakan perangkat lunak khusus. Any to Icon adalah salah satu program tersebut. Namun, gambar besar kehilangan definisinya dan Anda perlu mengedit gambar. Karena itu, ketika gambar dikurangi, keindahannya hilang.

Tentu saja, Anda memiliki banyak pilihan ikon gratis yang dapat Anda temukan dengan mudah di internet, tetapi metode ini memiliki beberapa kelemahan signifikan.

1. Ikon-ikon ini bersifat publik dan akan kehilangan keunikan aplikasi Anda saat digunakan. Dan proyek Anda tidak terlihat persis seperti yang Anda harapkan. Terlebih lagi, ikon yang tersedia untuk umum harus memiliki keunikan dan gayanya sendiri yang dicapai melalui fungsionalitas dan desainnya, jadi jangan menggunakannya dalam produk komersial.
2. Ada banyak ikon gratis di internet, tetapi cukup sulit untuk menemukan satu gaya gambar yang sesuai dengan tujuan produk.
3. Sebagian besar ikon yang tersedia di internet bergaya Windows 98 dan versi sebelumnya dari sistem operasi ini. Mengingat sebagian besar pengguna saat ini menggunakan Windows XP dan beberapa sudah menggunakan Windows Vista, produk tersebut terlihat up-to-date dan dapat kehilangan calon pengguna.

Baca Juga :   TV Analog Dimatikan? 1 Cara Untuk Nonton TV Digital!

Mencari ikon di Windows menggunakan ArtIcons Pro memberikan hasil yang hampir sama dengan mencari di Internet, kecuali jumlahnya. Pilihan di Internet jauh lebih luas.

Kami merekomendasikan memesan grafis produk dari desainer profesional. Dalam hal ini, produk memiliki keunikan yang sangat disukai pengguna. Anda dapat mendiskusikan semua aspek dan karakteristik dengan desainer. Ini memberi Anda ikon individual berkualitas tinggi yang tidak 100% digunakan di produk lain. Namun, selalu ada satu kelemahan besar dari metode ini. Terminologi sering ditarik keluar karena sangat sulit untuk mempertimbangkan semua kebutuhan pelanggan.

Membeli ikon siap pakai berbeda dengan memesan dari desainer dalam beberapa hal.

1. Anda dapat memilih ikon terbaik untuk aplikasi Anda. Jika Anda membuat perubahan, Anda harus menyewa seorang desainer, jadi Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang. Selain itu, pengembang yang berbeda dapat membeli ikon siap pakai, sehingga kehilangan keunikan proyek.
2. Anda dapat menghemat banyak bahan dengan menghubungi desainer yang harus menjelaskan dengan tepat apa yang Anda butuhkan.

Dalam artikel ini, kami telah menunjukkan kepada Anda berbagai cara untuk mencapai desain perangkat lunak yang baik yang nyaman bagi pengguna Anda dan untuk membantu Anda memahami fitur ini atau untuk apa fitur ini. Ikon dapat digunakan tidak hanya sebagai aplikasi itu sendiri, tetapi juga sebagai ikon untuk file dengan ekstensi yang terkait dengan aplikasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.