Melindungi Wireless
source image : freepik.com

Bagaimana Cara Melindungi Jaringan Nirkabel Anda?

Jaringan nirkabel memberi orang lebih banyak fleksibilitas. Terima kasih atas penemuan nirkabel. Sekarang saya bisa bekerja dari rumah sambil merawat anak-anak saya dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Tidak ada lagi stres dari lalu lintas.

Apakah ini hebat?

Sekarang, ada sesuatu yang harus Anda sadari. Bekerja dari rumah saat menggunakan jaringan area lokal nirkabel (WLAN) dapat menyebabkan pencurian informasi sensitif dan intrusi peretas dan virus kecuali jika tindakan yang tepat diambil. Ketika WLAN mengirimkan informasi …

Jaringan nirkabel memberi orang lebih banyak fleksibilitas. Terima kasih atas penemuan nirkabel. Sekarang saya bisa bekerja dari rumah sambil merawat anak-anak saya dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Tidak ada lagi stres dari lalu lintas. Apakah ini hebat?

Sekarang, ada sesuatu yang harus Anda sadari. Bekerja dari rumah saat menggunakan jaringan area lokal nirkabel (WLAN) dapat menyebabkan pencurian informasi sensitif dan intrusi peretas dan virus kecuali jika tindakan yang tepat diambil. Saat WLAN mengirimkan informasi melalui gelombang radio, seseorang dengan penerima di wilayah Anda mungkin menerima transmisi dan mengakses komputer Anda. Mereka dapat memuat virus di laptop Anda dan dapat diteruskan ke jaringan perusahaan saat Anda kembali bekerja.

Percaya atau tidak! Hingga 75% pengguna WLAN tidak menginstal fitur keamanan standar, tetapi 20% tetap terbuka penuh karena konfigurasi default tidak dilindungi, memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dan menjalankan jaringan mereka secepat mungkin. Kami menyarankan Anda untuk selalu mengatur perute nirkabel / titik akses Anda melalui klien berkabel.

Anda dapat mengatur keamanan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Ubah kata sandi admin default untuk router nirkabel / titik akses Anda menjadi kata sandi yang aman.

Baca Juga :   Inilah 4 Tanda Pimpinan yang Baik

2. Aktifkan setidaknya enkripsi WEP 128-bit pada kartu dan titik akses. Ubah kunci WEP secara teratur. Jika perangkat Anda tidak mendukung setidaknya enkripsi WEP 128-bit, pertimbangkan untuk menggantinya. WEP memiliki masalah keamanan, yang menunjukkan tingkat keamanan minimum dan harus diaktifkan.

3. Ganti nama SSID default router/access point menjadi sesuatu yang sulit ditebak. Siapkan perangkat komputer Anda untuk terhubung dengan SSID secara default.

4. Konfigurasikan router/access point agar tidak menyiarkan SSID. Anda harus mengatur SSID yang sama secara manual di sisi klien. Fitur ini bisa saja tak tersedia di semua perangkat.

5. Blokir permintaan atau ping internet anonim. Setiap komputer dengan kartu jaringan nirkabel harus dikonfigurasi dengan properti konektivitas jaringan sehingga hanya dapat terhubung ke jaringan titik akses. Jangan izinkan koneksi komputer-ke-komputer (peer-to-peer).

Aktifkan pemfilteran MAC. Menolak asosiasi alamat MAC yang tidak ditentukan dengan jaringan nirkabel. Mac atau alamat fisik Anda tersedia melalui pengaturan konektivitas jaringan perangkat komputer Anda dan secara fisik ditulis ke kartu jaringan Anda. Saat Anda menambahkan kartu / komputer nirkabel baru ke jaringan Anda, Anda harus mendaftarkan alamat MAC mereka dengan router / titik akses Anda. Router harus mengaktifkan firewall dan fitur zona demiliterisasi (DMZ) dinonaktifkan.

Semua komputer memerlukan firewall pribadi yang dikonfigurasi dengan baik selain firewall perangkat keras. Anda juga perlu memperbarui firmware router/titik akses saat versi baru tersedia. Menempatkan router / titik akses jauh dari orang asing berguna karena Anda tidak dapat mengatur ulang router / titik akses ke pengaturan default. Anda juga dapat menempatkan router / titik akses di tengah gedung alih-alih di dekat jendela untuk membatasi jangkauan sinyal di luar gedung.

Tidak ada jaminan bahwa jaringan nirkabel Anda akan terlindungi sepenuhnya, tetapi mengikuti tip yang direkomendasikan ini pasti akan mengurangi risiko Anda terkena penyerang yang menargetkan jaringan yang tidak aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *