Incantation

Review Film Incantation (2022) ‘Film Taiwan Paling Menakutkan Yang Pernah Ada’

Film horor slow-burn terbaru sutradara Taiwan Kevin Ko, Incantation telah disebut-sebut sebagai “film Taiwan paling menakutkan yang pernah dibuat.” Terinspirasi oleh kisah nyata yang melibatkan keluarga pemuja aliran sesat di Kaohsiung, Taiwan, film ini diambil dengan gaya mokumenter diselingi dengan rekaman yang ditemukan dan aktor memecahkan dinding keempat untuk berbicara kepada penonton. Film yang menjembatani elemen tradisional Taiwan dengan horor kontemporer menggunakan kiasan dari kisah video terkutuk.

Film tersebut, yang memecahkan rekor sebagai film horor Taiwan terlaris sepanjang masa, mirip dengan produksi bersama Korea-Thailand The Medium (2021) dalam gaya mokumenter yang ditemukan dan dalam menangani agama lokal di pedesaan Thailand.

Sinopsis Incantation

Li Ronan, yang mengaku telah dikutuk enam tahun lalu setelah melanggar tabu agama dan mengganggu gua yang menakutkan. Tak lama setelah mendapatkan kembali hak asuh putrinya, Dodo lalu kutukan itu muncul kembali, kali ini menargetkan anak kecil itu disertai amarah. Film ini menampilkan upaya Ronan untuk mengangkat kutukan untuk menyelamatkan putrinya. Film ini merujuk pada horor klasik Asia yang menampilkan rekaman video yang mengancam jiwa dan tempat-tempat terkutuk dan terlarang. Film ini memanjakan dalam memanipulasi dan menipu penonton saat mengubah berkah menjadi kutukan dan eksorsisme menjadi sihir.

Incantation Mencampur Rasa Takut dan Stres

Incantation ini bisa dibilang tidak perlu waktu lama untuk bikin kamu takut. Sejak awal kamu sudah diajak untuk mempertanyakan pikiran kamu. Jadi, apa yang akan kamu tonton setelahnya mungkin akan terasa nyata.

Dimulai dari Ronan yang menjelaskan soal berkah dan kutukan, lalu video yang memperlihatkan tubuh seorang anak perempuan yang penuh luka. Dijamin kamu akan dibuat menahan napas hingga setelahnya.

Baca Juga :   Gratis 20 Ucapan Selamat hari ibu

Lalu, ada pula potongan-potongan video yang justru makin kita waspada. Kamu pasti tetap gelisah sepanjang film. Film ini membuat kita setengah takut dan setengah stress. Campur aduk!

Ending Incantation

Ending film ini membawa penonton pada akhir yang tak terduga melalui rekaman vlog yang menampilkan mantra Li Ronan. Setelah memecahkan banyak misteri, Ronan berspekulasi bahwa rahasia kutukan terletak pada rekaman video yang hilang dan menemukan bahwa dia dikutuk karena dia melihat wajah Tuhan di dalam gua. Ia juga menelusurinya kembali ke teks-teks Yunani. Ini adalah interpretasi yang membuatnya percaya bahwa jika lebih banyak orang dikutuk, kutukan itu akan dicabut.

Dia juga memperbaiki apa yang rusak ketika dua teman mengunjungi gua di masa lalu dan mengembalikan gua ke pengaturan aslinya. Maka Li Ronan membuat vlog untuk membacakan lantunan kepada penonton dan melihat wajah Tuhan dengan harapan kutukan itu akan menyebar ke lebih banyak orang, dan itu yang membuat film ini viral.

Tetapi ketika dia memasuki gua dan melakukan apa yang dia lakukan, dia akhirnya mati. Saat terakhir mantra mengungkapkan bahwa Dodo baik-baik saja meskipun kehilangan ibu dan ayah angkatnya.  Adegan terakhir mengungkapkan bahwa rencana Li Ronan berhasil dan membuktikan bahwa teori kutukannya benar. Film berakhir dengan lebih banyak cuplikan Dodo, yang masih hidup dan pulih dari keadaan yang kritis.

Sekian Review Film Incantation, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.