sbmptn
Source Image : https://sevima.com/

Penjelasan Perbedaan UTBK, SBMPTN dan SNMPTN? 2022

Perbedaan UTBK, SBMPTN dan SNMPTN?

Siap ikuti proses penyeleksian masuk perguruan tinggi negeri? Sudah mengetahui jika ada banyak lajur yang dapat kamu pakai untuk masuk perguruan tinggi mimpimu?

Ada yang Belum Tahu Apa Ketidaksamaan UTBK, SBMPTN dan SNMPTN? – Untuk kamu beberapa pemburu perguruan tinggi, kamu sudah mengetahui apakah bedanya UTBK, SBMPTN dan SNMPTN? Ke-3 hal itu memang sama proses penyeleksian masuk perguruan tinggi negeri.

Tapi, kamu harus dapat membandingkan ke-3 nya supaya kamu tidak salah mendaftarkan. Yok, baca ketidaksamaan tersebut berikut!

Siap ikuti proses penyeleksian masuk perguruan tinggi negeri? Sudah mengetahui jika ada banyak lajur yang dapat kamu pakai untuk masuk perguruan tinggi mimpimu? Kamu kemungkinan memang pernah dengar istilah UTBK, SBMPTN dan SNMPTN. Tetapi, apa kamu juga paham ketidaksamaan ke-3 nya?

Apa Itu UTBK, SBMPTN dan SNMPTN?

UTBK

UTBK atau Ujian Catat Berbasiskan Computer ialah test masuk ke perguruan tinggi yang dikerjakan LTMPT. LTMPT ialah Instansi Test Masuk Perguruan Tinggi yang disebut salah satu instansi pelaksana test perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

UTBK terbagi dalam Test Kekuatan Skolastik (TPS) dan Test Kapabilitas Akademis (TKA).

UTBK sebagai persyaratan khusus untuk ikuti Penyeleksian Bersama Masuk Perguruan Tinggi . Dari hasil UTBK kelak akan dipakai untuk penyeleksian di Penyeleksian Bersama Masuk Perguruan Tinggi.

Calon mahasiswa baru yang mendaftarkan UTBK cuma dibolehkan ikuti satu test sesuai barisan test yang dituruti (SAINTEK, SOSHUM atau kombinasi).

Hasil UTBK bisa juga dipakai oleh PTN sebagai bahan penyeleksian dalam akseptasi mahasiswa baru lajur penyeleksian berdikari 2022.

SBMPTN

SBMPTN sebagai ringkasan dari Penyeleksian Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN sebelumnya namanya SNMPTN juga. Perbedaannya, SBMPTN namanya SNMPTN Catat dan Penyeleksian Bersama Masuk Perguruan Tinggiyang satu kembali namanya SNMPTN Undangan.

Baca Juga :   Tempat wisata di Bandung 2022, Terbaik !

Penyeleksian Bersama Masuk Perguruan Tinggi ialah lajur yang mewajibkan calon mahasiswa baru untuk ikuti test tercatat. Nanti, nilai hasil dari kerjakan ujian yang tentukan kamu diterima di perguruan tinggi negeri atau mungkin tidak.

Pada tahun 2022 ini, ada banyak ketidaksamaan ketetapan untuk mendaftarkan SBMPTN. Untuk dapat ikuti SBMPTN 2022, calon mahasiswa baru harus ikuti UTBK sebagai nilai yang hendak dipakai untuk berkompetisi di Penyeleksian Bersama Masuk Perguruan Tinggi.

SNMPTN

Sama seperti yang telah Mamikos sebut awalnya, SNMPTN atau Penyeleksian Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ialah mekanisme akseptasi mahasiswa baru lewat lajur undangan.

Mekanisme penyeleksian dai SNMPTN ini mulai diperkenalkan ke warga di tahun 2008. Lajur ini memungkinkannya calon mahasiswa baru untuk dapat masuk perguruan tinggi negeri tak perlu ikuti ujian tercatat atau UTBK.

Mekanisme penyeleksian yang diaplikasikan di SNMPTN dengan mempertimbangkan nilai rapor atau prestasi calon mahasiswa baru sepanjang sekolah.

Langkah penyeleksiannya dengan mengakumulasikan nilai semester 1 sampai semester 5. Selainnya nilai rapor, nilai non-akademik seperti ekstrakurikuler jadi bahan pemikiran. Legalisasi sekolah asal calon mahasiswa baru termasuk juga pada bahan pemikiran SNMPTN.

Ketidaksamaan UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN

Nach, saat ini kamu sudah mengetahui makna masing-masing dari istilah UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN. Lantas, apa kamu ketahui ketidaksamaan dari ke-3 nya? Bukan hanya dari istilah, mekanisme yang dipakai UTBK, Penyeleksian Bersama Masuk Perguruan Tinggi, dan SNMPTN berlainan juga. Untuk ketahuinya, kamu dapat baca keterangan Mamikos berikut ini.

Paket UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN

UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN masing-masing buka paket akseptasi yang lain. Untuk Penyeleksian Bersama Masuk Perguruan Tinggi, paket akseptasi mahasiswa baru dibuka sekitar minimum 40 % dari keseluruhan daya tampung.

Baca Juga :   Penting ! 3 Makna Idul Adha

Untuk SNMPTN, paket akseptasi mahasiswa baru dibuka sekitar minimum 20 %. Sementara untuk penyeleksian berdikari dibuka sekitar minimum 30 % dan bekasnya dipakai untuk lajur yang lain dibuka sama sesuai ketetapan masing-masing perguruan tinggi negeri.
Syarat UTBK, Penyeleksian Bersama Masuk Perguruan Tinggi, dan SNMPTN

Karena mekanisme penyeleksiannya berlainan, syarat yang perlu disanggupi pada lajur UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN berbeda. Supaya kamu tidak salah mempersiapkan syarat yang diperlukan, Mamikos akan terangkan padamu syarat setiap lajur.

Syarat SBMPTN

1. Memiliki Account LTMPT yang telah tetap.

2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon alumnus tahun 2022 harus mempunyai Surat Info Pelajar SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan usia optimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).

Catatan:
Surat Info Pelajar Kelas 12 dibarengi dengan:
• photo terkini (berwarna)
• stempel/cap sekolah
• tanda-tangan Kepala Sekolah

4. Siswa alumnus SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau alumnus Paket C tahun 2020 dan 2021 harus mempunyai ijazah dengan usia optimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Untuk alumnus SMA sederajat di luar negeri harus mempunyai ijazah yang telah disamakan.

5. Tidak lulus lajur SNMPTN di tahun 2020, 2021, dan 2022.

6. Persyaratan Test Peserta:

• peserta yang hendak pilih prodi Saintek karena itu ikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek;

• peserta yang hendak pilih prodi Soshum, karena itu ikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum; dan

• peserta yang hendak pilih prodi Kombinasi (Saintek dan Soshum), karena itu ikuti TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek dan TKA Soshum.

7. Khusus Program Study Kedokteran dan Kedokteran Gigi cuma bisa diputuskan oleh pelajar alumnus SMA/MA jalur IPA saja.

8. Memiliki kesehatan yang ideal hingga tidak mengusik kelancaran proses study.

9. Bagi peserta yang pilih program study sektor Seni dan Olahraga harus mengupload portofolio.

Baca Juga :   Harga Sebenarnya Laptop Merah Putih

10. Bagi peserta tuna netra harus mengupload Surat Pengakuan Tuna Netra

11. Membayar ongkos UTBK lewat bank Berdikari, BNI, BTN, dan BRI

Syarat SNMPTN

Syarat Sekolah

1. SMA/MA/SMK yang memiliki NPSN.

2. Ketentuan Legalisasi:

1. Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya

2. Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya

3. Akreditasi C dan yang lain: 5% terbaik di sekolahnya

3. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Pelajar (PDSS). Data pelajar yang diisikan cuma yang eligible sesuai ketetapan.

Syarat Peserta

Pelajar SMA/MA/SMK kelas paling akhir (kelas 12) di tahun 2022 yang berpretasi unggul:

1. Memiliki prestasi akademis dan penuhi syarat yang ditetapkan oleh masing-masing PTN

2. Memiliki NISN dan tercatat di PDSS

3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang sudah diisikan di PDSS

4. Peserta yang pilih program study sektor seni dan olahraga harus mengupload Portofolio.

 

Opsi PTN dan Program Study UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN

Dalam penyeleksian masuk perguruan tinggi negeri lewat lajur UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN, kamu diberi peluang untuk pilih program study dan PTN. Tapi, ketetapan pilih dari setiap lajur akan berbeda. Berikut ketetapan penyeleksian program study dan PTN dalam UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN.

Opsi PTN dan Program Study UTBK dan SBMPTN

1. Siswa pendaftar bisa pilih terbanyak dua program study pada sebuah PTN atau dua PTN.

2. Urutan opsi PTN dan program study mengatakan fokus opsi.

Opsi PTN dan Program Study SNMPTN

1. Siswa pendaftar bisa pilih terbanyak dua program study pada sebuah PTN atau dua PTN.

2. Urutan opsi PTN dan program study mengatakan fokus opsi.

3. Siswa SMK cuma dibolehkan pilih program study yang berkaitan sama sesuai ketetapan oleh masing-masing PTN.

Tersebut keterangan mengenai ketidaksamaan UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.