eksportir

eksportir & 4 Persiapan nya , Penting !

Eksportir Tanpa Produksi Sendiri, Ini yang Harus Dipersiapkan

 

Untuk Anda yang ingin jadi exportir, tak perlu harus jadi produsen dahulu. Cukup hanya mempunyai jaringan yang luas dan kekuatan pemasaran yang bagus, seorang dapat tembus pasar export. Seperti Yudhistira Haryo Nurresi Putro, Co-Founder Sheik Tea yang mengekspor beragam variasi teh celupkan dalam paket dengan beragam variasi rasa yang diambil dari salah satunya produsen pemroduksi teh terbaik, punya BUMN.

Teh-teh itu selanjutnya dikasih merk dengan Sheik Tea untuk selanjutnya ditawarkan ke beragam Negara di Asean seperti Filipina dan Malaysia. Pengalaman export pertama Sheik Tea diawali pada 2016. “Saat itu calon buyer saya dari Filipina yang didapat dari aktivitas Trade Expo di JiExpo Kemayoran. Waktu itu sebulan sesudah pameran kami memperoleh order disana sebelumnya setelah lakukan reportersi lewat daftar buyer dari Kementerian Perdagangan RI,” katanya.

Saat pertama mengawali, Yudhis mengirim satu karton teh celupkan dalam paket dengan berat 1 ke buyer yang disebut salah satunya distributor consumer goods di Filiphina kg.

Dengan volume export yang tidak besar, pria kelahiran 1994 ini mengirimkan dengan memakai jasa pengantar internasional punya PT Pos Indonesia yakni EMS. Menurut dia, pengangkutan lewat EMS lebih ringkas karena tidak membutuhkan banyak document yang perlu diperlengkapi. Adapun, biaya kirim per kilo sekitaran Rp270.000, lebih murah dibanding dengan pesaing, sama waktu pengangkutan 10 hari kerja.

 

“Saat kita eksport 1 kilo sekalinya sepanjang dalam rencana transaksi bisnis, itu hitungannya telah export, karena semenjak 2015 data export di BPS datang dari pengangkutan di PT Pos Indonesia,” papar pria yang sekarang jadi pengiring wiraswasta Sudin PPKUKM Jaksel ini.

Baca Juga :   Keseharian Pemasar Afiliasi

Menurut dia, jika calon eksportir mengirim produksi di bawah 50 kg dapat dilaksanakan secara berdikari tanpa membuktuhkan beragam document. Tetapi, apabila sudah mengekspor dengan jumlah besar atau satu container, karena itu eksportir¬† perlu beragam document dan validitas usaha. “Jika masih pemula atau memang belum teratur tetapi akan mengirim barang dengan jumlah yang banyak dapat memakai jasa undername pada pihak lain,” katanya.

 

Eksportir yang mempunyai ijin usaha dan sertifikat produk komplet juga saat mengirim barang sebagian besar memakai jasa Freight Forwarder, hingga eksportir tidak bermasalah langsung dengan bea cukai. Perusahaan Forwarder ini biasanya memiliki service undername untuk perusahaan yang belum mempunyai validitas komplet.

 

Menurut Yudhis, supaya ongkos tidak membesar saat memakai jasa undername, karena itu eksportir harus mempertimbangkan semua di saat awalnya.

Misalkan dengan hitung elemen ongkos untuk yang tentukan nilai jual produk, dengan memutuskan minimum order dan memutuskan Incoterms yang hendak dipakai sebagai referensi harga pada usaha export (FOB/CIF/CFR).
Plus minus memakai jasa undername

 

Plus :
Ringkas, tidak repot mengurusi validitas (Periode pendek)
Konsentrasi cuman pada pemenuhan produk (Kualitas dan jumlah)

Minus :
Nama Perusahaan tidak dapat exist karena memakai nama (perusahaan) yang lain sebagai penyuplai jasa undername pemilik validitas.

 

Penyiapan Saat sebelum eksportir melakukan Export

1. Pilih produk yang mempunyai potensi di-export bukanlah barang yang terbatasi atau dilarang untuk di-export
2. Yakinkan produk terjaga kontinuitas kehadirannya dan keamanan produk
3. Kerjakan penelitian rasio kecil untuk memperoleh deskripsi hal suatu hal yang ingin dijadikan arah. Website yang bisa dijadikan lakukan penelitian itu satu diantaranya ialah trademap.org
4. Untuk menyaksikan kekuatan satu produk pada Negara arah export tertentu satu diantaranya lewat keyword Pasar Intelligence atau Pasar Brief pada halaman penelusuran di internet.

Baca Juga :   6 Peluang usaha & Faktor Pendukungnya

Contoh kita bisa cari pada halaman penelusuran Pasar Brief Coconut Sugar, untuk mendapati dan ketahui deskripsi pasar dan kekuatan dari produk gula kelapa.

Dalam menyiapkan produk dan Negara Arah Export (NTE) ada dua Opsi, yakni:

Tentukan NTE sebelumnya, yakni berdasar NTE yang dipandang terkuasai atau dijumpai baru lakukan penyeleksian produk. Tentukan produk sebelumnya, yakni berdasar kekuatan memperoleh dan kepenguasaan akan produk itu baru tentukan NTE tujuan.
Buat tabulasi perbedaan garis besar untuk putuskan produk yang lebih pas di-export dan Negara mana yang terbaik untuk jadi tujuan export.

Empat persyaratan document validitas untuk eksportir, yakni:

SIUP (Surat Ijin Perdagangan) oleh Dinas Penanaman Modal Servis Terintegrasi Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten/Kota
TDP (Pertanda Daftar Perusahaan) oleh Dinas Penanaman Modal Servis Terintegrasi Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten/Kota
NPWP (Nomor Dasar Harus Pajak) oleh Kantor Servis Pajak
NIK (Nomor identitas Kepabeanan) oleh Ditjen Bea Cukai

*Note :
Sekarang ini TDP dan akses kepabeanan menjadi satu yakni berbentuk NIB (Nomor Induk Usaha) dengan dasar Pepres No. 91/2017 Mengenai Pemercepatan Penerapan Usaha. Proses pembikinan OSS bisa lewat web www.oss.go.id
Document yang perlu disanggupi saat pengangkutan.

Document khusus Invoice (dibikin oleh eksportir ) Packing daftar (dibikin oleh eksportir )

Bill of lading (dibikin shipping company jika laut / airway bill jika udara)

Document tambahan Certificate of origin (Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten / Kota)

Certificate of analysis (laboratorium)

Certificate of Phytosanitary (tubuh karantina untuk produk tumbuhan)

Document tambahan yang lain sama sesuai keinginan konsumen Document yang dibutuhkan saat sebelum export

Shipping Instruction dari eksportir ke Shipping line PEB (Pernyataan Export Barang) dari eksportir

 

Baca Juga :   Gratis 10 Cara Jualan Online Laris di Whatsapp

Indonesia berpotensi export yang masih besar. Ini tercermin dari data Kementerian Perdagangan sepanjang Januari-Desember 2021, di mana perolehan export Indonesia capai USD 231,54 miliar atau Rp 3.315,42, naik 41,88 % dibandingkan masa yang serupa pada 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.