circuit Mandalika
source image : https://motogp.skor.id/

Hebat ! Circuit Mandalika Moto GP 2022

Mengenal Circuit Mandalika

 

Circuit Mandalika telah menjadi satu diantara bintang dunia balap demikian track di pesisir selatan pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu menyiapkan diri sebagai tuan-rumah MotoGP 2022. Track sejauh 4,3km dan 17 kelokan itu pasti akan jadi circuit jalan raya pertama kali yang masuk kalender MotoGP sesudah Dorna Sports umumkan agenda provisional musim balapan tahun depannya.

Selainnya mendapatkan slots pada 20 Maret untuk melangsungkan Grand Prix Indonesia, Circuit Pertamina Mandalika mendapatkan kehormatan menyongsong team dan pembalap lebih awal di Lombok saat mereka lakukan test pramusim pada 11-13 Februari.

Selanjutnya beberapa waktu berlalu, sebagai hadiah Hari Kemerdekaan RI, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyampaikan kabar proses pengaspalan track Circuit Mandalika sudah selesai 100 % dan Indonesia makin optimis ke arah MotoGP 2022.

“Ini memberikan keyakinan diri jika ‘Road to MotoGP’ ada di lajurnya,” kata Direktur Khusus MGPA Ricky Baheramsjah. Circuit Mandalika Dites Balapan WSBK Tetapi, saat sebelum Marc Marquez dan Fabio Quartararo dkk tiba, Circuit Mandalika harus siap jadi venue dua balapan internasional, yakni Asia Talenta Cup dan seri pemungkas World Superbike pada November.

 

Persiapan Circuit Mandalika

 

Dalam masa 3 bulan sesudah perampungan aspal track, faksi pengembang ITDC mengebut pembuatan sarana simpatisan balapan seperti pit building, race kontrol, observation deck, tribune pemirsa, sarana klinis, dan pengecatan kerb di pelintasan khusus circuit. Pengecatan kerb yang berperan sebagai marka, memakai alat dan cat khusus dari Jerman dan dilaksanakan oleh perusahaan specialist Race Trek, Roadgrip asal Inggris, melalui anak perusahaan mereka Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) yang memberikan tugas tenaga specialist yang eksper kerjakan beberapa circuit dunia seperti Austin, Zandvoort dan Yas Marina.

Pit Building sejauh 350 mtr. dengan kemampuan 50 garasi dibuat dengan mekanisme modular yang terdiri dari 3 lantai. Lantai dasar ialah garasi yang dipakai beberapa pembalap dan mekanik team, dan lantai dua sebagai tribune pemirsa VVIP dan media center. Dan lantai tiga Pit Building khusus untuk sarana-fasilitas simpatisan yang lain.

Baca Juga :   Definisi Insomnia Adalah

Sarana Medical Center dalam circuit ini sudah diperlengkapi, terhitung helipad. Beberapa tenaga kesehatan sudah jalani training sepanjang enam hari buat memberikan dukungan keperluan klinis di tempat circuit terhitung proses penyelamatan klinis lewat helikopter, interferensi car, ambulance, ground post, dan pit lane ground post sebagai replikasi jika ada kecelakaan yang terjadi pada pembalap sesuai SOP yang ditetapkan.

 

Semua kelengkapan circuit ini ialah persyaratan supaya Circuit Mandalika bisa lolos homologasi final FIM. Dan sampai pekan awal November, MGPA mengatakan persiapan Circuit Pertamina Mandalika capai 98 % untuk melangsungkan dua gelaran balapan internasional bulan ini. “Menyaksikan kelengkapan sarana dan kualitas circuit ini, kami optimis lolos proses homologasi oleh Federation Internationale de motorcyclisme (FIM),” kata Ricky.

 

Runway Lapangan terbang Internasional Lombok sudah diperpanjang supaya bisa didarati pesawat memiliki badan besar. Selanjutnya jalan bypass Mandalika sudah dibereskan hingga dapat memotong waktu pintas dari lapangan terbang ke circuit jadi 15 menit saja. Momen Indonesia jadi pemain besar di dunia balap makin kuat pada saat Presiden Joko Widodo resmikan Circuit Pertamina Mandalika mendekati kompetisi Asia Talenta Cup diselenggarakan. Presiden Jokowi yang hoby menunggangi motor besar bahkan juga mencoba langsung track mengendarai motor Kawasaki W175 warna hijau yang sudah diubah.

 

Sayang, beberapa minggu mendekati WSBK diadakan, ada kabar berita yang mengatakan logistik team Ducati yang sudah datang di Circuit Mandalika dibuka oleh pelaku yang tidak bertanggung-jawab, walau MGPA pada akhirnya mengonfirmasi proses itu telah sama sesuai ketetapan customs clearence untuk kepentingan import barang. Selanjutnya, panitia mau tak mau tunda penyelenggaraan ATC seri ke-3 satu minggu karena minimnya personil marshal di circuit.

Baca Juga :   Penting ! 6 Tanda Omicron

Disanjung Legenda MotoGP Dibuat di Teritori Ekonomi Khusus Mandalika dan dikeliling bukit-bukit dan pesisir selatan Lombok, Circuit Pertamina Mandalika dapat menggelinjangkan dunia olahraga otomotif dan ekonomi di tempat. “Acara-perhelatan besar tiap tahun di Circuit Mandalika, kita harap munculkan beberapa titik ekonomi baru di NTB,” kata Jokowi sesudah pengesahan circuit.

Gempita MotoGP dirasa oleh Mulyadi, seorang aktor usaha kecil dan menengah di daerah Lombok Timur. Pria yang bergerak dalam sentral kerajinan ciri khas Lombok itu, bersama kawan-kawan sama-sama perajin rasakan imbas kritis kesehatan global pada usaha mereka. “Kami betul-betul melembek, kebingungan ingin tawarkan ke mana,” kata Mulyadi.

Tetapi, beragam gelaran balap internasional yang direncanakan di Mandalika bawa kepercayaan diri baru ke aktor UMKM di tempat dan kesempatan ‘go global’. “Jujur saya terkejut Lombok rupanya juga bisa berkualitas dunia,” kata Mulyadi di galeri kerajinan Lombok Mulya Craft. “Semoga karena ada MotoGP ini kami sebagai aktor rekreasi di bagian UKM dapat semakin semangat.” Keunggulan Mandalika yang dikitari pantai cantik berpasir putih itu memanglah tidak dijumpai di circuit balapan dunia yang lain.

 

Bahkan juga juara dunia Mick Doohan bercanda beberapa pembalap akan susah membandingkan di antara balapan atau berlibur saat datang di Circuit Mandalika. “Saya takut pembalap tidak dapat membandingkan mana balap, mana berlibur. Karena ide circuit Mandalika ini dapat disebut rekreasi balapan, jadi di sini pembalap, pemirsa dan semuanya yang turut serta dalam MotoGP Mandalika ini dapat nikmati situasi ide circuit yang melekat dengan pantai ini,” kata Doohan. Juara dunia 5 kali zaman 500cc itu memandang Circuit Mandalika melawan karena mempunyai karakter circuit cepat.

 

“Peralihan terjadi cepat sekali dari 1 titik di titik yang lain. Maknanya, akan berjalan balapan yang ketat sekali. Juaranya akan ditetapkan pada lap paling akhir. Bagus sekali,” puji Doohan. Peninggalan dan branding Melihat riwayat, Indonesia memanglah bukan negara yang mempunyai adat kuat di dunia motorsport, walau sekian tahun akhir-akhir ini juta-an dolar digulirkan beberapa merek Tanah Air ke team-team yang bersaing dalam beragam kelas kejuaraan dunia MotoGP.

Baca Juga :   Sertifikat Vaksinasi serta permasalahannya

Meskipun begitu, tidak ada kata telat untuk mengawali hal tersebut, apa lagi bila menyaksikan kesuksesan Malaysia dan Thailand yang memetik keberhasilan jadi sisi teratur kalender MotoGP. “Indonesia jika saya ngomong mendingan jadi negara pelaksana dahulu tetapi teratur, tidak boleh setahun-dua tahun lenyap, seperti pada Sentul dahulu kan hanya tahun 96-97 telah lenyap,” kata pemerhati otomotif Arief Kurniawan beberapa lalu ke ANTARA.

 

“Jika ingin dipandang seperti negara pelaksana motorsports dengan adat yang kuat, moment-nya harus juga diadakan teratur.” Arief memandang Circuit Mandalika mempunyai ‘unique selling point’ karena ada di teritori ekonomi khusus dan dekat sama beragam tujuan rekreasi favorit di Lombok. Bekas pimpinan redaksi tabloid Bola itu bahkan juga optimis Circuit Mandalika akan menaklukkan karisma circuit di Asia Tenggara yang lain yang sudah terlebih dahulu melangsungkan MotoGP seperti Sepang di Malaysia dan Chang di Thailand.

 

“Memang sekarang ini aksesnya sulit, tetapi itu dalam empat-lima tahun di depan aksesnya akan gampang, perlu proses lah,” katanya. Belum juga kemampuan branding yang besar sekali dari ajang balap MotoGP tersebut yang akan mengusung karisma Indonesia di mata dunia hingga menambahkan keyakinan diri pabrikasi dan perusahaan internasional untuk merajut kerja sama.

“Maknanya saat diadakan, Indonesia menjadi sisi dari pemain global jika negara ini aman, maju, negara yang ramah karena orang tak perlu cemas tiba ke Indonesia sebab bisa melangsungkan (balapan) dengan sukses,” kata Arief. “Dampak wow-nya akan besar sekali Mandalika ini,” tandas ia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.