Operasi Protokol
source image : www.kastara.id

Jabodetabek Resmi PPKM Level 2 Hingga 13 Desember 2021

Menuju Peralihan PPKM Level 2

Semua daerah di DKI Jakarta sekarang sedang dengan status PPKM Tingkat 2. Ini sesudah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan Perintah Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 63 Tahun 2021 mengenai Pemerlakukan Limitasi Aktivitas Warga Tingkat 3, Tingkat 2, dan Tingkat 1 Corona Virus Disease 2019 di Daerah Jawa dan Bali.

Dalam ketentuan yang berjalan dari 30 November 2021 sampai 13 Desember 2021 itu 10 daerah di Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) masuk ke PPKM Tingkat 2. Selainnya 5 kota administratif di Jakarta dan Kepulauan Seribu, daerah yang lain dengan status PPKM Tingkat 2 ialah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Terbitnya ketentuan baru ini mengganti status 10 daerah itu dari semua PPKM Tingkat 1. Diprediksi status PPKM 10 daerah itu akan naik terus jadi Tingkat 3 mendekati Natal dan Tahun Baru 2022. Gagasannya ketentuan PPKM Tingkat 3 akan diaplikasikan di semua Indonesia. Inmendagri 63/2021 mengganti ketentuan awalnya, yaitu Inmendagri 60/2021 yang usai pada 29 November 2021.

Proses

Peningkatan Tingkat PPKM ditegaskan memberikan imbas pada beberapa ketentuan, salah satunya pengetatan kapasitas jumlah di bidang tertentu. Bidang usaha non fundamental dari mulanya 75 % jadi 50 % kerja dari kantor (WFO). Dan bidang fundamental seperti keuangan dan perbankan dari sebelumnya 100 % sekarang jadi 75 %.

Pasar rakyat, supermarket, hypermarket, pasar swalayan dan toko kelontong berbeda kemampuannya, dari sebelumnya 100 % jadi 75 %. Hal sama dengan lokasi usaha semacam yang jual barang non keperluan setiap hari.

Untuk warung makan atau warteg, pedagang kaki lima, lapak jalanan dan semacamnya ijin operasinya berbeda dari sebelumnya sampai jam 22.00 WIB jadi 21.00 WIB. Kemampuannya juga menyusut dari 75 % jadi 50 %. Ketentuan itu berlaku untuk restaurant atau rumah makan, cafe yang ada dalam gedung atau tempat terbuka. Mal, pusat belanja dan pusat perdagangan dibolehkan membuka sampai jam 21.00 WIB dengan kemampuan 50 %. Awalnya mal dapat membuka sampai jam 22.00 WIB dengan kemampuan 100 %.

Baca Juga :   Penting ! Makanan sebagai obat mujarab 2022

Sekolah masih tetap dibolehkan melakukan aktivitas evaluasi bertemu muka (PTM) dengan kemampuan optimal 50 %. Tetapi dieksepsikan untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) di semua tingkatan pengajaran. SLB dibolehkan melangsungkan PTM dengan kemampuan optimal 62 % sampai 100 atau 5 pelajar per kelas % dengan masih tetap jaga jarak minimum 1,5 mtr..

Dan untuk Pengajaran Anak Umur Awal (PAUD) optimal 33 % dengan jaga jarak minimum 1,5 mtr. dan optimal 5 peserta didik per kelas.

Tempat beribadah yaitu Masjid, Mushala, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng dan tempat yang lain yang digunakan sebagai tempat beribadah sepanjang PPKM Tingkat 2 dapat melangsungkan aktivitas keagamaan dengan kemampuan 75 %. Tetapi dengan implementasi prosedur kesehatan lebih ketat. (ant)

 

Menuju Peralihan

Berangkat dari idealisme dan semangat membuat wartawan Indonesia menjadi lebih baik, magnetinfo.net juga mengikutsertakan diri jadi jembatan ke arah peralihan yang lebih bagus. Dengan menyuguhkan beberapa berita yang menjunjung norma publisistik dan berpikiran Pancasila, diharap sanggup memperantai arus info yang sehat dan bermartabat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.